18 September 2020

Star chart, Sumber: screenshoot penulis

    Sesuai kata pepatah, berakit-rakit ke hulu berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu lalu bersenang-senang kemudian. Karena semua yang ena ena itu berawal dari kesusahan, maka untuk bisa menikmati konten Warframe, para Tenno pemula diwajibkan untuk melakukan tips di bawah ini. Fungsinya adalah untuk mempercepat progress akun kamu dan menghindari kesalahan minor. Yuk saya jelaskan panduan untuk pemula secara lebih detail!



1. Selesaikan Quest Utama dan Quest Sampingan


Daftar quest di codex. Sumber: Penulis

    Sebelum memulai permainan, kamu akan masuk ke berbagai quest utama yang memberikanmu cerita atau lore mengenai Warframe universe, termasuk beberapa panduan untuk bermain. Nah, karena setiap aktivitas kamu di gim berhubungan dengan quest, maka ada baiknya untuk menyelesaikan seluruh quest utama dan quest sampingan. Hal ini berguna untuk mempermudah akses kamu pada misi-misi tertentu termasuk misi spesial seperti; Sancturary Onslaught/Elite Sanctuary Onslaught, The Index, dan lain-lain. Beberapa quest juga perlu diselesaikan untuk mendapatkan akses ke equipment yang lebih kuat.


2. Buka Seluruh Node Tiap Planet di Star Chart


Star chart Warframe. Sumber: Penulis

    Membuka berbagai node bertujuan mempermudah kamu masuk ke node tersebut tanpa harus ditaxi oleh pemain lain. Ini artinya akan mempermudah farm resource yang kamu butuhkan untuk craft equipment. Usahakan untuk membuka jalan menuju ke node Helene, Adaro, dan Hydron yang populer untuk leveling. Jika semua node terbuka nanti kamu akan mendapatkan akses ke misi spesial berupa arbitration dan steel path. Arbitration akan memberikanmu berbagai banyak hadiah yang cukup penting untuk digunakan pada beberapa build. Steel path juga berfungi untuk mempermudah aktivitas farm kamu dan mendapatkan berbagai item menarik yang bisa menunjang build pada equipment kamu.


3. Upgrade Equipment dengan Mengcustom Kombinasi Mod serta Menaikkan Rank Mod Secara Perlahan


Menaikkan rank mod secara perlahan. Sumber: Penulis

    Penggunaan equipment, khususnya pada hal ini adalah penggunaan mod pada build menjadi sangat penting. Hal ini akan membantu kamu mempermudah melawan musuh atau menyelesaikan misi tertentu. Sehingga kamu bisa nyaman bermain tanpa takut kewalahan menghadapi musuh ataupun misi tertentu. Termasuk saat kamu sedang bermain secara solo atau tidak ada yang masuk di matchmaking lobby misi kamu.


4. Gabung Clan yang Memiliki Research Equipment Lengkap


Research clan tenno lab Indonesia Warframe. Sumber: Penulis


    Seperti game Massively Multiplayer Online (MMO) pada umumnya yang memiliki sistem clan, kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan jika bergabung dengan clan. Terlebih pada clan yang memiliki research equipment yang lengkap maka akan mempercepat progress akun kamu. Fungsi research yang lengkap ini adalah mereplikasi blueprint warframe, senjata, dan equipment lain yang tersedia di market. Sehingga semakin banyak kamu craft equipment dari dojo clan dan leveling equipment tersebut, maka semakin cepat kamu mendapatkan affinity (EXP). Pada akhirnya akan mempercepat mastery rank yang berimbas pada limit daily standing yang kamu dapat secara harian. Jika kesulitan farming credits untuk membeli blueprint dojo, segera farming credit dengan petunjuk ini untuk mendapatkan credit di Warframe secara efektif.


5. Naikkan Mastery Rank Setinggi Mungkin


Semakin besar mastery rank, cap standing juga semakin besar. Sumber: Penulis


    Limit daily standing tiap syndicate menjadi penting untuk mempercepat progress akun kamu. Karena limit ini didasarkan pada besar kecilnya mastery rank, maka usahakan untuk menaikkan mastery rank setinggi mungkin dengan melakukan instruksi di poin 4. Nah, standing syndicate ini nanti juga bisa ditukarkan hadiah sesuai yang ditawarkan oleh tiap-tiap NPC. Kalau mastery rank kamu besar, maka setiap harinya bisa menghabiskan standing yang besar pula. Artinya hadiah tiap syndicate bisa kamu duplikasi, dan kamu bisa menjualnya (asal tradeable) ke pemain lain untuk ditukar platinum. Kamu bisa menggunakan platinum tersebut untuk membeli slot warframe atau senjata, orokin reactor atau orokin catalyst, forma, skin equipment, ataupun hal lain yang kamu butuhkan di market in game.


6. Gunakan Warframe Tanky di Awal Bermain


Wukong, salah satu rekomendasi frame tanky. Sumber: Penulis

    Sebisa mungkin hindari mati saat berada di misi sendirian. Jika kamu mati saat sendirian sambil membawa equipment yang belum max rank, dan menggunakan fitur revive (tanpa bantuan companion) maka affinity yang kamu dapat bisa berkurang. Jika kesulitan menggunakan starter warframe, direkomendasikan untuk mereplikasi blueprint Wukong dari dojo clan. Alasannya karena warframe satu ini sangat tanky, mudah digunakan oleh pemula, dan bisa diandalkan di semua node. Tidak main-main, Wukong bisa menjadi frame yang soloable untuk menyelesaikan seluruh misi di star chart. Kelebihan lainnya pada Wukong adalah mampu melewati laser di misi spy tanpa terdeteksi, sehingga akan mempermudah kamu pada misi-misi spy. Selain Wukong, kamu juga bisa mereplikasi Nezha yang juga tanky dan kebal status effect. Kedua warframe ini lebih saya sarankan pada awal bermain karena tidak terlalu membutuhkan mod dan arcane agar tanky.


7. Prioritaskan untuk Melengkapi Warframe daripada Senjata


Berbagai macam Warframe untuk berbagai macam misi dan gaya main yang berbeda. Sumber: Penulis

    Setiap misi ataupun melawan musuh, memang harus menggunakan kombinasi warframe dan senjata. Namun, direkomendasikan untuk memprioritaskan farm warframe daripada senjata. Karena tiap warframe itu sangat unik dan memiliki fungsinya masing-masing terhadap suatu misi tertentu, dan melawan musuh tertentu. Direkomendasikan untuk memperbaiki build warframe duluan daripada senjata. Alasan lain karena beberapa warframe (termasuk mod augmentnya) akan sangat memudahkanmu dalam farm suatu resource atau menyelesaikan misi tertentu. Contohnya adalah: Nekros atau Khora yang bisa memberikanmu hasil loot lebih banyak, serta Wukong atau Ivara yang bisa mempermudah kamu dalam misi tertentu seperti spy.


8. Prioritaskan Mencari Companion Berupa Smeeta Kavat, dan Helios


A. Smeeta Kavat


Scan kavat liar untuk mendapatkan DNA dan jadikan sebagai companionmu.

    Seperti gim MMO pada umumnya, warframe juga memiliki fitur pet yang disebut sebagai companion. Seluruh companion bagus dan berfungsi sesuai kebutuhan pada misi yang dimasuki. Namun, ada salah satu companion yang akan mempercepat progress kamu untuk mendapatkan affinity, credit, resource secara cepat sebagai pemula. Companion tersebut adalah smeeta kavat. Memiliki total 6 buff acak, smeeta bisa memberikanmu kemudahan dalam masalah farming. 2 fitur utama tersebut adalah;


1. Kemampuan untuk memuntahkan rare resouce di tiap planet yang kamu masuki. Misal, jika kamu sedang membawa smeeta kavat ke Ceres ataupun Saturn, ada kemungkinan dia akan memuntahkan orokin cell untuk kamu.

2. Kemampuan untuk menggandakan affinity, credit, dan resource yang kamu pick up dari suatu misi. Hal ini akan sangat mempermudah dan mempercepat progress akun kamu.


Bisa menggandakan affinity, leveling equipment lebih cepat dan hemat waktu. Sumber: Penulis

Bisa menggandakan resource yang drop, tidak perlu pusing farming berlama-lama sampai sakit punggung. Sumber: Penulis

Bisa menggandakan credit yang drop, misalnya dari heist/profit taker. Sumber: Penulis

    Apabila buff pertama menyala setelah buff kedua, maka kamu bisa mendapatkan rare resouce secara ganda tanpa harus mencari loot dari musuh maupun crate. Sehingga bisa sangat memudahkanmu untuk farm resource (secara pasif) tertentu tanpa harus farming hal tersebut secara berjam-jam. Smeeta kavat bisa kamu dapatkan dari melakukan scanning terhadap kavat liar yang ada di node Deimos untuk mendapatkan DNAnya. So, kesimpulannya smeeta kavat sangat membantu kamu dalam menggandakan seluruh item loot. Karena pada dasarnya warframe adalah game looter shooter yang bisa menyita banyak waktu jika kamu tidak bisa memanfaatkan jalan pintas seperti ini.


Tips

- Gunakan node capture, agar kamu cepat menyelesaikan objective dan bisa lebih fokus mencari DNA kavat.

- Manfaatkan resource drop chance booster dari market/log in/bless MR 30 (bisa minta saya kalo lagi ga saya pake blessnya) untuk menaikkan chance mendapatkan DNA kavat.

- Kamu bisa farm smeeta kavat menggunakan scanner saat di misi Sands of Inaros karena akan ada fase saat banyak spawn kavat liar. Kamu bisa gunakan momentum tersebut untuk scanning kavat liat tersebut seluruhnya.


B. Sentinel Helios


Blueprint helios di energy lab dojo clan Indonesia Warframe. Sumber: Penulis

    Companion lain yang saya rekomendasikan untuk digunakan saat awal-awal bermain adalah sentinel yang bernama helios. Helios bisa kamu dapatkan di energy lab di dojo clan kamu. Fungsi helios adalah melakukan scan otomatis kepada musuh, dan fragment lore atau cerita Warframe yang nantinya masuk ke codex kamu. Hasil scan tersebut berguna untuk mengetahui kelemahan tiap musuh, sehingga kamu bisa menyiapkan strategi untuk menghadapi mereka. Walaupun codex tidak selengkap wiki, namun setidaknya kamu sedikit terbantu dengan hasil scan ini karena bisa menghemat waktu tanpa membuka wiki.


9. Jangan Membuang Equipment Sembarangan


Craft lesion membutuhkan tipedo yang sudah dicraft. Sumber: Penulis

    Walaupun slot kamu penuh, usahakan untuk tidak membuang equipment sembarangan karena akan berakibat pada ketidaknyamanan kamu untuk menyelesaikan suatu misi bahkan tes mastery rank. Saya ambil contoh, jangan membuang Banshee (non prime) karena akan berguna pada beberapa tes mastery rank. Juga ada beberapa senjata yang dibutuhkan sebagai bahan crafting untuk senjata lain, daftarnya bisa kamu cek di sini.


10. Manfaatkan Fitur Tombol Shortcut/Jalan Pintas untuk Mempercepat Navigasi


Gunakan fitur tombol Esc untuk mempercepat navigasi. Sumber: Penulis

    Tombol Esc merupakan salah satu tombol utama  untuk mempercepat navigasi kamu, baik di orbiter (kapal kamu), relay tiap planet, maupun dojo clan. Fungsinya untuk menghemat waktu, kecuali kamu ingin menikmati jalan-jalan kamu di gim ini.


11. Bersosialisasilah di Clan atau Grup, dan Jangan Malas Mencari Referensi


Percakapan discord. Sumber: Server Discord Indonesia Warframe

    Clan dan alliance dibentuk sebagai media bersosialisasi antar pemain. Sehingga jika ada pertanyaan yang bisa dijawab secara singkat, silahkan bertanya di clan chat in game ataupun grup seperti discord asal dengan penyampaian bahasa yang baik. Jika jawaban atas pertanyaan kamu panjang dan perlu penjelasan yang mendetail, gunakan alat canggih yang bernama "Google". Kamu bisa mencari banyak referensi via wiki, content creator, ataupun artikel milik pemain lain seperti saya melalui Google.


12. Jaga Etika Bermain, dan Saling Respect pada Seluruh Pemain yang Kamu Temui


P p p p p p p p. Sumber Hipwee

    Manusia hidup harus punya etika, begitu pun dalam bermain Warframe. Apalagi sebagai pemula, ada baiknya kamu menjaga etika agar pemain yang lebih veteran menghargai dan ikhlas untuk memberi ilmu atau membantu kamu dalam beberapa misi. Gunakan bahasa yang baik, kurangi ngotot, dan tetap respect pada pemain lain baik pemula maupun veteran.


13. Jangan Melawan Peraturan yang Sudah Dibuat Developer Warframe


Ban permanen. Sumber: Kaskus

    Jika masih ingin bermain dengan umur yang lebih lama, jangan melawan peraturan yang dibuat oleh developer Warframe. Korbannya sudah banyak karena masih ngotot dibilangin. Intinya jangan pernah chat dengan kata-kata kotor atau membawa hal-hal yang berbau suku, ras, agama (SARA). Hindari Real Money Trade (RMT), yaitu transaksi item in game menggunakan uang asli. Serta hindari menggunakan program ilegal seperti cheat atau exploit yang lain.


    So, untuk sementara itu saja panduan singkat yang harus diperhatikan sebagai pemula. Semoga dengan adanya panduan ini kamu mendapatkan beberapa gambaran, lebih enjoy dalam bermain karena progressmu lebih cepat, dan bisa terhindar dari kesalahan minor. Good luck Tenno!


Terakhir diperbarui: 8 Juli 2021


Silahkan berkomentar sesuai peraturan

- Hak cipta © 2022 sepenuhnya milik Digital Extremes - Desain dasar blog oleh Johanes Djogan -