16 Desember 2020

  

Ujian tes MR 30. Sumber: Penulis

    Berbagai hal yang disebut tinggi selalu dianggap bagus. Contohnya jabatan tinggi, pendidikan tinggi, gaji tinggi, dan tubuh tinggi. Begitu pula dengan Mastery Rank (MR) di Warframe. Tulisan ini membahas berbagai keuntungan MR tinggi. Semakin tinggi MR kamu, maka kamu akan mendapatkan berbagai macam keuntungan di Warframe. Apa saja itu? Mari kita ulas satu per satu!


    Sebelum lebih jauh saya sebutkan keuntungannya, saya akan menjelaskan apa itu Mastery Rank (MR). MR adalah total experience atau pengalaman yang kamu dapatkan setelah kamu memaksimalkan level di setiap equipment kamu. Satu equipment hanya dihitung satu kali saja (tidak termasuk forma). Oke, langsung saja ke bahasan utamanya ya!

1. Slot Awal di Mod Config Semakin Banyak

Contoh slot mod dari jaw sword setelah saya forma. Sumber: Penulis

    Slot mod awal, atau setelah terreset akibat menggunakan forma akan mengurangi jumlah slot di awal. Nah, semakin tinggi MR kamu maka slot mod awal atau setiap forma equipment kamu juga akan semakin tinggi. Bahkan MR 30 setiap mengonsumsi forma tidak berasa seperti mengonsumsi forma. Poin utama dari keuntungan ini adalah kamu bisa memasukkan beberapa mod untuk menunjang leveling, khususnya jika kamu leveling solo.

2. Daily Standing Tinggi

Contoh daily standing tinggi, per hari 31K. Sumber: Penulis
    
    Daily standing tiap syndicate kamu juga akan naik. Standing ini berfungsi untuk membeli item-item yang tersedia di setiap syndicate. Nah, dengan tingginya standing yang kamu punya, maka setiap hari kamu bisa menukarkannya sebagai hadiah item yang lebih banyak. Artinya kamu bisa memiliki berbagai duplikat hadiah. Hadiah duplikat ini bisa kamu bagikan atau bisa kamu jual kepada pemain lain untuk ditukar platinum. Hadiah duplikat bisa berupa; part senjata, senjata, mods, arcane, dan item fashion/dekorasi.

3. Mendapatkan Kesempatan Trading Lebih Banyak

MR 30=30 kali trading per hari. Sumber: Penulis

    Setiap hari sistem Warframe akan melakukan reset limit atau batasan terhadap fitur-fiturnya, termasuk trading. Salah satu keuntungan MR tinggi adalah jumlah trading yang lebih banyak daripada MR rendah. Semakin banyak kesempatan trading, kamu bisa bertukar atau berjualan item antar pemain dengan lebih banyak pula. Artinya kamu mempercepat perkembangan char atau akunmu. Termasuk farming platinum lebih banyak dengan cepat tanpa harus terkendala jumlah batasan trading setiap harinya.

4. Bebas menggunakan Equipment (Warframe/Senjata/Riven dll) tanpa Terikat Persyaratan MR

Syarat menggunakan riven gram adalah minimal MR 11. Sumber: Penulis

    Waktu awal main, beberapa dari kamu pasti mengingkan beberapa equipment yang lebih terlihat kuat dan keren. Nah, untuk mendapatkannya kamu sering diwajibkan untuk mencapai syarat MR tertentu. Persyaratan MR paling tinggi setahu saya terbatas pada MR 16 (termasuk penggunaan riven). Jika kamu ingin bebas menggunakan seluruh equipment tanpa terikat persyaratan MR, kamu perlu rajin leveling equipment dengan persyaratan MR yang lebih rendah.

5. Mendapatkan Lebih Banyak Slot Loadout dan Void Trace

MR 30, slot void trace 1600. Sumber: Penulis

Daftar slot loadout saya. Sumber: Penulis

    Setiap naik 1 MR kamu akan mendapatkan 50 slot void trace. Sedangkan setiap kenaikan MR dengan kelipatan 2, kamu akan mendapatkan gratis 1 slot loadout. Slot void trace ini penting karena setiap kamu menyelesaikan misi void fissure, kamu pasti akan mendapatkan void trace jika mengumpulkannya secara penuh (10) tiap misi. Jika slot void trace penuh dan kamu memaksa menjalankan misi void fissure, maka void trace yang kamu dapat tadi tidak akan masuk ke inventory kamu dan berakhir sia-sia.

    Slot loadout ini juga penting. Fitur ini bisa digunakan untuk mengatur, dan memilih berbagai equipment khusus untuk kemudian digunakan pada misi tertentu hanya dalam 1-2 kali klik. Sehingga setiap kamu memasuki misi tertentu yang berbeda-beda, kamu bisa menyesuaikannya dengan sinergi equipment dan tidak perlu pusing menggonta ganti equipment yang akan kamu gunakan.

6. Lebih Cepat dan Mudah Menemukan Squad, Sehingga Fleksibel dalam Memilih Role

"Me khora? sure mate". Sumber: Penulis

Malah baru sadar orang yang nanya hehe. Sumber: Penulis

    Saya jadi inget waktu awal-awal main Warframe, susahnya minta ampun cari squad. Semua sih gara-gara equipment belum lengkap, juga frame dan senjata saya tidak spesifik. Jadi ya sering ditolak kalo mau gabung squad. Saya sih akhirnya sadar diri, dan pelan-pelan farming setiap equipment yang dibutuhkan untuk memudahkan farming resource tertentu.

    Semakin tinggi MR kamu maka semakin lengkap pula equipmentnya. Setelah kamu mendapatkan hampir seluruh frame dan senjata yang sering digunakan untuk farming resource tertentu, nantinya kamu akan mudah sekali mendapatkan squad. Kamu juga bebas berganti role di dalam squad. Jika kekurangan squad kamu bisa menyesuaikan orang yang akan direkrut berikutnya. Poin utamanya kamu dan squad yang belum penuh bisa lebih hemat waktu dalam mencari anggota squad untuk melakukan misi atau farm resource tertentu.

7. Flexing (Pamer)

Emoticon khusus untuk MR 30. Sumber: Penulis


    Kamu bisa pamer kepada teman di friend list, clan, alliance, ataupun pemain lain yang kamu temui di dalam public matchmaking. Sehingga kamu terlihat lebih tampan dan keren. Tapi hati-hati jika kamu MR tinggi dan mainnya noob bisa-bisa dihujat pemain lain hehe. Karena terkadang para pemain melihat MR sebagai tolak ukur pengalaman dan kemampuan suatu pemain.

8. MR 30 akan Mendapatkan Keuntungan Khusus

Daftar blessing booster yang hanya bisa diaktifkan oleh pemain MR 30. Sumber: Penulis

    Keuntungan khusus yang bisa kamu dapat saat kamu mencapai MR 30 adalah sebagai berikut; 3x umbra forma, 15 slot loadout, 30 riven mod slot, tambahan 750 daily standing, emote true master, dan tanda dekorasi true master untuk landing craft. Keuntungan paling spesial adalah, kamu bisa mengaktifkan sistem bless di setiap relay sesuai dengan jam main atau keinginan kamu. Terdapat bless untuk affinity, credit, resource drop chance, damage, health, dan shield dengan persentase 25%. Seluruh bless bisa diterima MR berapapun (minimal MR 2-8 tergantung persyaratan relay yang dimasuki).  Namun yang hanya bisa mengaktifkan adalah pemain MR 30. Bless setiap pemain MR 30 memiliki durasi selama 3 jam, stack dengan booster lain (market/event), dan memiliki cool down setiap 23 jam.

Sebenarnya affinity booster bisa stack dengan total 225% bonus apabila ada event affinity booster. Sumber: Penulis

    Sistem untuk mendapatkan bless yaitu kamu diwajibkan datang dan menunggu di relay yang dituju sebelum diaktifkan berdasarkan server dan region relay. Region relay bisa diatur di pengaturan dan bisa diubah sesuai dengan region yang akan diaktifkan oleh pemain MR 30, baik region Asia, North America, Europe, South America, Eastern Europe and Russia. Setelah itu kamu bisa keluar menuju orbiter untuk menerima efek blessnya. Jika kamu ingin mendapatkan bless secara terus menerus, kamu bisa bergabung di server Warframe Blessing untuk mendapatkan notifikasi berbagai bless yang akan dinyalakan oleh para pemain MR 30.

Keuntungan yang sudah saya jelaskan di atas bisa kamu dapatkan dengan syarat kamu melakukan berbagai cara di bawah ini;
1. Bergabung dengan clan yang memiliki replikat BP equipment yang lengkap
2. Trading equipment antar pemain untuk melengkapi equipment
3. Leveling equipment dengan efektif dan efisien
4. Pergunakan jadwal vault/unvault item prime untuk mengoleksi equipment tersebut, informasinya bisa kamu dapat dari forum, server discord, maupun Twitter resmi Warframe
5. Forma frame itu wajib, namun sebisa mungkin hindari forma senjata yang tidak dipakai dan tidak diperlukan. Karena forma sering diperlukan untuk crafting equipment dari dojo clan, dan membuild equipment terhadap item dengan varian yang lebih bagus (contohnya varian prime). Alasan lain, karena senjata sering mendapat sentuhan nerf balancing.

    So, dengan berbagai keuntungan ini, tunggu apa lagi? segera lengkapi equipment dan leveling dengan efektif agar kamu bisa mencapai MR yang lebih tinggi. Jangan lupa kasih bless untuk mereka yang membutuhkan. Happy grinding dan selamat berbagi bless kepada sesama Tenno!

Terakhir diperbarui: 28 Juli 2021

Silahkan berkomentar sesuai peraturan

- Hak cipta © 2022 sepenuhnya milik Digital Extremes - Desain dasar blog oleh Johanes Djogan -