19 November 2020

Nidus lagi mikir Mod apa yang cocok untuknya. Sumber: Penulis

    Mod merupakan item berbentuk kartu yang dapat memberikan modifier atau efek yang berbeda-beda jika dipasang dan disinergikan dengan Mod lain dalam sebuah equipment. Mod dalam sebuah build adalah hal inti dalam Warframe, karena tanpa Modding yang baik dan benar maka kamu akan kewalahan dalam menghadapi suatu misi. Potensi terbaik tiap equipment yang dipakai akan muncul jika dimodding dengan benar. Terlebih jika bermain squad, teman squad kamu akan berterima kasih apabila buildmu benar dan sesuai dengan misi atau harapan squad. Sehingga untuk mencapai hal tersebut, kamu perlu memahami dasar Mod dan build. Nah, untuk lebih memahami keduanya mari kita cek hal-hal yang harus diperhatikan dalam dunia permoddingan dan build di bawah!


1. Mengenal Tiap Slot Mod pada Equipment

A. Apa itu Slot Mod?

Jenis slot pada modding. Sumber: Penulis

    Slot mod adalah tempat atau wadah kamu memasukkan Mod ke setiap Mod Config pada equipment kamu. Fungsinya adalah memperkuat potensi dari equipment tersebut. Sebuah mod config tiap equipment memiliki jumlah total slot yang bervariasi;

- Slot pada Warframe terdiri dari 1 slot aura, 1 slot exilus, dan 8 slot normal
- Slot pada Primary dan Secondary terdiri dari 8 slot normal, 1 slot exilus, dan 1 slot Arcane (Senjata Modular seperti Kitgun memiliki 2 slot Arcane)
- Slot Melee terdiri dari 1 slot stance, dan 8 slot normal (Melee Modular sepeti Zaw memiliki 1 slot Arcane)
- Slot Arch seperti Arch Wing, Arch Gun, Arch Melee terdiri dari 8 slot normal
- Slot vehicle seperti K-Drive terdiri dari 8 slot normal, sedangkan Necramech terdiri dari 12 slot normal

B. Slot Aura

Daftar mod aura di codex. Sumber: Penulis

    Slot Aura berfungsi untuk memberikan efek tertentu kepada musuh ataupun memberikan buff untuk kita dan teman squad. Uniknya efek Aura bisa dirasakan oleh orang lain yang sedang 1 squad dengan kamu. Mod aura bisa saling melengkapi dan distack dengan pemain lain yang satu squad. Kemudian radiusnya juga tidak terbatas

Contoh kasus: Perburuan Eidolon (kasual), mewajibkan semua pemain untuk menggunakan Aura Corrosive Projection. Fungsinya adalah strip armor Eidolon agar mudah dikalahkan. Walaupun ada beberapa role yang menjauh tanpa terkena affinity range, Mod Aura tetap bekerja dan stack seperti biasa tanpa terkena penalti radius lokasi teman satu squad.

    Memasang Mod Aura pada Polarity yang sesuai (Polarity berubah menjadi warna hijau) akan menambah bonus kapasitas Mod menjadi lebih besar. Misal drain Mod Aura adalah 7, maka jika Polaritynya sesuai akan digandakan menjadi 14. Sehingga kamu mendapatkan total bonus drain slot Mod sejumlah 7. Sedangkan jika tidak sesuai (polarity berubah menjadi warna merah) akan menambah bonus 2 drain slot Mod saja. Misal kapasitas Mod Aura adalah 7, maka jika Polaritynya tidak sesuai akan menjadi 9. Sehingga kamu hanya mendapatkan total bonus drain slot Mod sebesar 2 saja.

Tips: Gunakan Aura Forma agar Polaritynya menjadi universal, sehingga kamu bisa bebas memasang Mod Aura apapun dengan bonus kapasitas tambahan yang banyak tanpa terkena penalti dari mekanisme ini.

C. Slot Stance

    Khusus pada kategori Melee, slot Aura digantikan oleh slot Stance. Slot Stance ini memiliki gerakan serangan yang berbeda-beda khususnya untuk build Melee combo. Setiap gerakan serangan tersebut juga memiliki pengaruh terhadap total kalkulasi damage dan kecepatan menyerang melee yang kamu pakai. Kalkulasi damage setiap stance bisa kamu cek di setiap laman Wikinya.

C. Slot Exilus

Daftar slot Exilus, beberapa Augment Warframe ada yang dikategorikan sebagai Exilus. Sumber: Penulis

    Slot Exilus berfungsi untuk memberikan efek berupa Quality of Life (QoL), maksudnya slot ini menjadi pemanis yang akan mempermudah kamu dalam bermain. Kebanyakan Mod Exilus berhubungan dengan mobilitas dan hal-hal yang menyangkut pertahanan diri. Walaupun, ada beberapa Mod yang bisa dimasukkan selain kedua kategori tersebut seperti; menambah range, strength, terhadap ability Warframe dan juga slot untuk beberapa Augment Warframe.

    Berbeda dengan slot Aura yang langsung terbuka, penggunaan slot Exilus membutuhkan Exilus Waframe Adapter ataupun Exilus Weapon Adapter untuk membuka slotnya. Cara mendapatkan Exilus Adapter:

- Exilus Warframe Adapter bisa dibeli langsung dari market, sedangkan blueprintnya bisa didapatkan dari Sortie atau NPC Simaris di setiap Relay.
Exilus Weapon Adapter bisa dibeli langsung dari market, sedangkan blueprintnya bisa didapatkan dari Void Fissure tier 5 atau menukarkan standing ke tiap Syndicate.

Tips: Gunakan Sure Footed atau Primed Sure Footed kepada Warframe yang tidak bisa kebal status agar tidak sering terpental akibat serangan musuh. Mod ini sering berguna untuk musuh khusus seperti Grand Boss, contohnya adalah Eidolon atau Profit Taker. Fungsi lain Mod ini adalah menolak knock down (terpental) akibat senjata dengan efek radial yang sedang kamu gunakan di dalam suatu quest atau misi.

D. Slot Normal

Slot normal atau universal, set mod Umbra hanya bisa dipasang di sini. Sumber: Penulis

    Slot normal (atau biasa disebut slot universal) ini memiliki total 8 slot, 4 atas, dan 4 bawah. Urutan mod tidak memiliki efek untuk Warframe. Hanya saja bagi orang yang mengidap Obsessive Compulsive Disorder (OCD) seperti saya akan sangat terganggu melihat Polarity dan warna Mod yang tidak sesuai keinginan. Maka ada fitur yang bisa memindahkan Polarity Mod tersebut, sehingga kamu bisa menata rapi Mod pada Warframe ataupun equipment kamu sesuai selera.

Catatan: Salah satu kelebihan slot normal daripada slot lain adalah penggunaan Mod set seperti Umbra Forma yang bisa saling bersinergi dan memberikan bonus set Modnya. Selain itu kamu juga bisa memasang Exilus di slot normal, namun tidak bisa memasang Mod normal atau set (yang tidak memiliki simbol Exilus) pada slot exilus. Jadi kamu bisa memasang banyak Mod exilus selain di slot Exilus itu sendiri. Sedangkan slot mod Aura hanya terbatas untuk dipasangi Mod Aura saja.

Tips: Gunakan Umbra Forma hanya pada Warframe saja, karena penggunaan umbra Forma pada senjata (Melee) masih bisa diakali dengan memasang forma lain.

2. Mengenal Polarity dan Efeknya Terhadap Modding dan Build

A. Apa itu Polarity?

Melakukan Polarize pada slot Mod. Sumber: Penulis

    Polarity yang sering saya sebut pada paragraf-paragraf sebelumnya adalah hal yang menjadi penting untuk kamu perhatikan dalam proses Modding dan build. Polarity adalah simbol pada kategori tiap Mod. Simbol-simbol ini memiliki jenis, arti, dan fungsinya masing-masing. Polarity juga memiliki mekanisme bonus dan penalti terhadap drain atau konsumsi suatu Mod terhadap peletakannya pada slot tersebut.

B. Jenis Polarity

Jenis dan simbol tiap polarity. Sumber: Warframe Wiki

- Madurai (V) = berkaitan dengan kekuatan, meliputi; damage, dan ability strength
- Vazarin (D) = berkaitan dengan pertahanan, meliputi; health, armor, reduksi damage, debuff, dan kekebalan
- Naramon (-) = berkaitan dengan utility, meliputi; energy, efisiensi, dan bonus Affinity
- Unairu (R) = berkaitan dengan beberapa Stance senjata
- Zenurik (=) = berkaitan dengan Augment Warframe
- Penjaga (Y) = berkaitan dengan Mod Precept atau kemampuan khusus suatu Companion
- Umbra (U) = berkaitan dengan set Umbral (hanya untuk Warframe dan senjata Melee)
- Aura (O) = polarity universal yang hanya bisa digunakan pada slot Aura Warframe dan Stance Melee, sehingga bisa mendapatkan bonus drain Mod walau memasukkan Mod Aura/Stance apapun

C. Fungsi Polarity

Bonus pengurangan dan penambahan drain menyesuaikan Polarity dan drain. Sumber: Penulis

*Penjelasan pada gambar (kondisi mod sudah max rank semua):
- Corrosive Projection drain 7, karena simbol Polaritynya sesuai jadi 14, mendapatkan bonus 7 kapasitas drain
- Primed Sure Footed drain 16, karena simbol Polaritynya sesuai maka hanya memakan 8 kapasitas drain
- Primed Continuity drain 14, karena simbol Polaritynya sesuai maka hanya memakan 7 kapasitas drain
- Intensify drain 11 (dibulatkan menjadi 12), karena simbol Polaritynya sesuai maka hanya memakan 6 kapasitas drain
- Augur Secrets drain 7, karena simbol Polaritynya tidak sesuai maka terkena penalti -2 dan total memakan 9 kapasitas drain
- Blind Rage drain 16, karena simbol Polaritynya tidak sesuai maka terkena penalti -4 dan total memakan 20 kapasitas drain
- Flow drain 9 (dibulatkan menjadi 10), karena simbol Polaritynya sesuai maka hanya memakan 5 kapasitas drain
- Transistor Shield drain 9, karena simbol Polaritynya tidak sesuai maka terkena penalti -2 dan total memakan 11 kapasitas drain

    Polarity memiliki mekanisme bonus dan penalti. Jika kamu memasukkan sebuah Mod pada slot yang memiliki kecocokan Polarity, maka konsumsinya akan dipotong setengahnya dan angka drain menjadi hijau. Contoh Primed Continuity dengan Polarity Madurai dan drain kapasitas sebesar 14 akan menjadi 7 saja jika dipasang pada Polarity Madurai. Kapasitas drain pada Mod ganjil akan dibulatkan ke angka atas (genap) kemudian dibagi setengah. Misal drain kapasitas Mod tersebut 7 akan dibulatkan ke 8, dan jika dimasukkan pada Polarity yang sesuai hanya akan memakan 4 slot drain saja.

    Sedangkan penalti akan diberikan berdasarkan kapasitas drain Mod tersebut. Jika Polaritynya tidak sesuai dengan Polarity slot maka akan berwarna merah. Contohnya; jika memasang Umbra di Polarity yang bukan Umbra maka dari kapasitas drain yang awalnya 16 akan naik menjadi 20. Jika memasang Augur Secrets di Polarity yang bukan Naramon maka dari kapasitas drain yang awalnya 7 akan naik menjadi 9.

3. Item yang Menunjang Modding dan Build

Kamu bisa mencari item-item tersebut di market in game menggunakan fitur kotak pencarian. Sumber: Penulis

A. Orokin Reactor = Menggandakan kapasitas slot Warframe, bisa didapatkan dari market, Sortie, Invasion, dan Alert.
B. Orokin Catalyst = Menggandakan kapasitas slot senjata, bisa didapatkan dari market, Sortie, Invasion, dan Alert.
C. Forma = Memberikan Polarity sesuai dengan kebutuhan atau keinginan, bisa didapatkan dari market, Sortie, rare container (Lua), Void Relic, dan Invasion.
D. Exilus warframe adapter = Membuka slot Exilus pada Warframe, bisa didapatkan dari market, Sortie, dan NPC Simaris di setiap Relay.
E. Exilus weapon adapter = Membuka slot Exilus pada senjata, bisa didapatkan dari market, Void Fissure tier 5 (Kuva Fortress), dan offering NPC tiap Syndicate.

4. Sinergi antar Mod

A. Sinergi Effective Hit Points (EHP) pada Kombinasi Mod atau Arcane Health dan Armor

Kalkulasi EHP pada Chroma prime ditambah dengan 2 set Umbra Vitality dan Umbra Intensify. Sumber: Hypothermia

    Effective Hit Points (EHP) merupakan kapasitas health asli yang kamu miliki pada warframe. EHP terbentuk dari sinergi Mod health dan Mod armor (termasuk Arcane). Singkatnya, EHP adalah sebuah kapasitas total penggabungan health dan armor. Maka jika kamu memasang mod ataupun Arcane yang menambah armor, harus diikuti dengan sinergi Mod health. Karena jika kamu hanya memasang armor saja tanpa health, maka kapasitas health aslinya kecil dan kamu cepat terbunuh jika diserang musuh akibat tidak ada mekanisme EHP dari sinergi 2 Mod ini.

Catatan: Hal ini tidak berlaku bagi beberapa mekanisme Warframe yang unik, contohnya Rhino karena iron skinnya (skill 2) hanya scalling dengan armor dan strength saja.

B. Perhatikan Jenis Casting Skill Warframe; Durasi, Channeling, Atau Spam?

    Setiap skill Warframe terbagi dalam beberapa jenis casting. Setiap jenis casting tersebut memerlukan sinerginya masing-masing dengan Mod yang menambah kapasitas energi, ability efficiency, dan ability duration. Kategori casting tersebut saya bagi menjadi 3, yaitu;

Keseluruhan skill Limbo lebih banyak berfokus dengan durasi. Sumber: Penulis

Durasi, yaitu Warframe yang skill castingnya mengandalkan durasi, kebanyakan tidak perlu menambahkan Mod yang memberikan kapasitas energi, contohnya: Limbo. Kecuali pada Warframe yang base kapasitas energinya kecil, contoh; Ash dan Rhino.

Ivara juga berfokus dengan efisiensi dan durasi untuk menghemat konsumsi energi saat menggunakan skill 3 sebagai cara bertahan hidupnya. Sumber: Penulis

Sinergi Mod Equilibrium dan mekanisme skill 3 (Desecrate) yang membuat minus efisiensi jadi tidak terasa. Sumber: Penulis

Channeling, yaitu Warframe yang skill castingnya mengonsumsi energi terus menerus, dan jika tidak ada energi maka skillnya akan berhenti. Pada kategori casting model channeling kamu memerlukan sinergi mod yang memberikan kapasitas energi, ability duration, dan ability efficiency. Contoh: Equinox, Ivara, dan Sevagoth. Namun pada kasus channeling Nekros, kamu tidak memerlukan Mod yang menambah kapasitas energi jika memakai Augment Despoil.

Ember yang membutuhkan Mod kapasitas energy, durasi, dan efisiensi untuk melakukan spam skill. Sumber: Penulis

Spam, yaitu Warframe yang skill castingnya adalah spam skill, contohnya: Ember. Pada kategori casting spam kamu memerlukan sinergi Mod yang memberikan kapasitas energi, ability duration, dan ability efficiency.

    Secara umum seperti itu, namun ada beberapa Warframe yang memiliki mekanisme unik dalam castingnya. Sehingga sebelum memasang Mod alangkah baiknya memperhatikan kategori tersebut, dan cek fakta atau tips yang tersedia di in game ataupun wiki.

Catatan: Penjelasan cara kerja setiap Warframe di atas akan saya jelaskan lebih detail pada setiap profil mereka masing-masing. Kamu bisa mencari tulisannya dengan menggunakan fitur pencarian.

5. Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Modding

A. Memasukkan Shield pada Sebuah Frame (Kecuali Hildryn)

Hildryn yang hanya memiliki keuntungan optimal dengan Mod shield. Sumber: Penulis

    Memasukkan Mod shield pada sebuah Warframe untuk patch terbaru sudah tidak relevan. Pada patch 27.2 (sekitar Maret 2020), DE memperkenalkan fitur shield gating. Intinya semakin sedikit shield maka semakin bagus. Karena semakin sedikit shield maka semakin cepat pula shield tersebut untuk penuh. Shield yang penuh ini memiliki kemampuan untuk memberikanmu suatu gimmick yaitu invulnerable atau kekebalan lebih lama daripada shield yang sedang melakukan regenerasi.

B. Memasukkan Mod Health atau Armor pada Misi yang Mudah atau Full Squad

Build Saryn untuk Elite Sanctuary Onslaught. Sumber: Penulis

Build Titania untuk speed run misi Void Fissure. Sumber: Penulis

    Memasukkan Mod health atau armor pada misi yang mudah atau misi-misi bertipe speed run (Capture, Exterminate, Sabotage, dan Rescue) akan menurunkan efektivitas kemampuan warframe tersebut. Jika kamu memasuki misi yang bisa dikatakan mudah dan lebih cepat untuk diselesaikan, alangkah baiknya melepas mod survivability dan mengandalkan overshield ataupun shield gating. Contoh misi tersebut adalah; Void Fissure dan arena (Vodyanoi, Sedna).

C. Memasukkan Banyak Mod Survivability pada Warframe yang Benar-benar Tanky

Tinggal recast skill 2 dengan timing yang tepat juga bisa membuat Rhino tanky tanpa banyak memasang Mod armor. Sumber: Penulis

    Contoh langsung pada kasus ini adalah memasukkan mod health ke Rhino dan Revenant. Kedua Warframe ini jelas kebal total selama skill pertahanan mereka aktif. Jadi jika kamu memasukkan mod health terkesan sia-sia untuk mereka. Masih banyak mod ability modifier yang lebih bagus untuk dimasukkan.

D. Memasukkan Mod Ability Modifier yang Berlebihan Sehingga Tidak Seimbang

    Keseimbangan tetap diperlukan pada sebuah build, terlebih jika kamu bermain secara solo. Mod ability modifier ada baiknya disesuaikan dengan mekanisme skill bawaan sebuah warframe. Kemudian juga diseimbangkan agar tidak ada hal yang jauh berbeda antara fase menyerang, bertahan, dan crowd control. Contoh pada kasus ini adalah terlalu banyak menumpuk mod strength pada Chroma, dan lupa menumpuk mod duration padanya. Hal ini akan berakibat fatal karena bisa jadi saat kamu ingin recast skill kamu kehilangan energi di tengah misi, sehingga harus membuild up buffnya dari awal.

E. Diminishing Return, Saat Efek Kombinasi antar Mod Tidak Sesuai dengan yang Tertera di Layar

Diminishing return khususnya pasca nerf Melee, buff Primary dan Secondary. Sumber: Reddit

Diminishing returns, bonus dan penalti dari kombinasi build yang tersembunyi pada in game. Sumber: Reddit

    Kombinasi Mod yang kita anggap optimal belum tentu optimal pada kenyataannya. Adalah mekanisme Diminishing Return yang membuat kombinasi beberapa Mod tidak cocok jika dicampurkan dengan Mod yang sejenis atau Mod yang lain. Contohnya adalah penggabungan Serration dan Heavy Caliber, secara in game memang menggiurkan damage ditumpuk dengan damage. Namun pada kenyataannya damage pada Heavy Caliber berkurang jika dikombinasikan dengan Serration. Masih ada beberapa kombinasi yang kenyataannya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan pemain saat memasukkan kombinasi antar Mod. Lebih jelasnya kamu bisa cek gambar di atas, atau akan saya jelaskan lebih dalam di tulisan tentang Modding di setiap kategori equipment (lihat catatan paling bawah).

6. Config Mod Berbeda untuk Gaya Main atau Misi yang Berbeda

Beda Mod Config, beda nama, beda gaya main. Sumber: Penulis

    Tiap equipment dibekali dengan 3 slot Mod Config gratis yang bisa ditambah 3 lagi dengan membelinya, sehingga total Mod Config yang bisa kamu miliki untuk tiap equipment adalah 6. Setiap Mod Config akan memiliki Polarity yang sama dengan Mod Config pertama. Jika ingin membuat Mod Config baru dengan gaya main lain atau digunakan pada misi tertentu, maka berhati-hatilah dan perhatikan dulu Mod yang akan dipasang agar tidak terkena penalti Polarity yang bisa memangkas kapasitas drain pada Mod Config kamu yang berbeda-beda. Alangkah baiknya mencari informasi dan referensi build, serta menanyakan hal tersebut kepada pemain lain yang lebih mengerti tentang berbagai macam build pada suatu equipment.

7. Loadout dan Sinergi antar Mod dan Mod Config

Daftar loadout yang bisa saling bersinergi. Sumber: Penulis

    Fitur Loadout berfungsi untuk memudahkanmu dalam memilih sinergi antara Warframe dan equipment (termasuk senjata, Parazon, Companion, dan Focus School). Satu kesatuan setiap equipment tersebut bisa kamu gabung dalam suatu loadout, sehingga bisa saling memberikan sinergi antar Mod dan Mod Config yang telah dipasang. Loadout ini nantinya bisa kamu set dengan judul dan gambar (Glyph) yang kamu inginkan. Sehingga saat ingin melakukan misi tertentu, kamu hanya cukup memilih opsi Loadout yang sudah kamu set dan siapkan tanpa harus memilih manual satu per satu pada tiap equipmentnya.

8. Bagaimana Agar Tidak Salah Memberikan Forma?

A. Pahami Deskripsi, dan Mekanisme Warframe atau Equipmentnya

Deskripsi skill tiap abilitiy Warframe. Zephyr tidak memerlukan Mod health atau armor jika digunakan secara harian, karena skill 3nya bisa menolak peluru musuh. Sumber: Penulis

    Setiap warframe sangat unik karena memiliki stat dan skill bawaan masing-masing yang juga membawa perbedaan mekanisme dan cara mainnya. Sebelum memberikan Forma alangkah baiknya kamu melakukan ini;

- Lihat tips-tips yang ada deskripsi skill in game, Wiki, maupun content creator
- Perhatikan dan baca secara seksama mengenai stat dan skill bawaannya
- Lepas pasang Mod modifier seperti duration, efficiency, range, dan strength untuk melihat efek perubahannya di orbiter atau simulacrum (tempat eksperimen build)
- Tes terus pada setiap misi yang berbeda. Sedangkan pada senjata, perhatikan keseluruhan stat dan mekanismenya in game. Kamu bisa melihat review setiap senjata tersebut oleh content creator di Youtube.

B. Cek Bonus Polarity Bawaan

Bonus 3 polarity dari Nekros prime. Sumber: Penulis

    Cek bonus Polarity bawaan, terlebih pada versi Prime seringnya memiliki bonus Polarity yang banyak. Sehingga kamu bisa lebih berhemat dan tidak menyia-nyiakan forma tersebut.

C. Pikir Dulu Fungsi dan Kegunaannya, Mau Dibawa ke Misi Apa?

Daftar loadout Eidolon. Sumber: Penulis

    Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah tujuan kamu menggunakan equipment tersebut, dan mau dibawa ke mana equipment tersebut. Setiap tileset dan faksi musuh juga bisa menjadi pertimbangan untuk menggunakan equipment ataupun Loadout yang berda agar perjalanan pada setiap misi kamu lebih optimal dan mudah untuk diselesaikan.

9. Terlanjur Salah Forma? Tidak Masalah, Ada Bonus Energi

Total forma Chroma saya ada 8, gara-gara Umbra Forma mudah didapatkan. Sumber: Penulis

    Salah itu wajar asal bukan terus menerus, termasuk salah memberikan forma pada equipment. Khususnya pada Warframe, jika kamu memberikan banyak forma ataupun salah forma dan harus re-Forma ulang maka kamu akan mendapatkan bonus "start energi" lebih banyak. Jadi semakin banyak Forma yang kamu invest di Warframe, maka semakin banyak pula energi yang tersedia saat awal kamu memasuki sebuah misi. Mekanisme ini ibarat cara kerja mod Preparation.

10. Tools yang Berguna untuk Kalkulasi dalam Modding dan Build

Tools Overframe, efek Diminishing Return (pengurangan stat) dari kombinasi Mod juga terlihat. Sumber: Overframe

    Banyak tools yang bisa kamu temukan di internet untuk menghitung dan memperkirakan "angka" dalam sebuah Modding equipment. Umumnya, kamu bisa menggunakan Overframe untuk melakukan kalkulasi equipment secara keseluruhan. Sedangkan untuk kalkulasi EHP kamu bisa menggunakan tools Hypothermia

    Penjelasan Modding pada tiap kategori equipment akan saya bahas terpisah di artikel lain, silahkan mengunjunginya di;


Terakhir diperbarui: 13 Maret 2022

Silahkan berkomentar sesuai peraturan

- Hak cipta © 2022 sepenuhnya milik Digital Extremes - Desain dasar blog oleh Johanes Djogan -