25 September 2020

Equinox ratu affinity. Sumber: Multi Player First

    Leveling adalah salah satu hal yang akan sering kamu lakukan di Warframe. Leveling secara umum berguna untuk mengoptimalkan modding pada build sebuah equipment. Juga meningkatkan kapasitas slot mod di awal (kecuali MR 30) dan memasukkan polarity baru dari forma untuk menghemat pengaplikasian mod. Cara leveling di Warframe bisa bermacam-macam, ada yang tidak efektif sampai paling efektif. Mari saya jelaskan berbagai metode leveling berbagai equipment tersebut, namun saya hanya akan menjelaskan metode yang paling efektif dari beberapa metode yang ada.


1. Node, Tempat, atau Mode yang Kurang Efektif tapi Paling Umum dan Ramai Digunakan untuk Leveling:

A. Helene, Saturn. Kelebihan: sambil farm orokin cell.
B. Hydron, Sedna. Kelebihan: paling umum dan populer, sehingga ramai jika masuk via public matchmaking.
C. Sanctuary Onslaught, Simaris di tiap relay. Kelebihan: hadiah berupa relic dan part Khora.
D. Railjack (RJ), ada di navigasi khusus mode RJ. Kelebihan: Sekalian farming resource RJ untuk digunakan sebagai bahan craft atau makanan helminth.
E. Endless Void Fissure, Setiap melakukan misi void fissure yang endless seperti defense, survival, interception, kamu memiliki kesempatan mendapatkan affinity booster.

Metode-metode di atas sebenarnya bisa digunakan untuk farm affinity atau leveling, namun affinity yang kamu dapatkan sangat sedikit dan tidak efektif.

2. Mengapa Harus Leveling Efektif?

A. Kembali Ke Aspek dan Genre Gimnya Sendiri

    Warframe memiliki dasar genre looter shooter, yang umumnya adalah menembak musuh sambil mengumpulkan berbagai ratusan equipment yang tersedia. Looter shooter akan memakan banyak waktu karena banyak aspek Random Number Generator (RNG) atau gacha di sana sini.

B. Agar Tidak Boring

    Pernah merasakan boring karena hanya leveling di tempat itu-itu saja? Well, kamu tidak sendirian. Saya pernah merasakan kebosanan disaat leveling di tempat-tempat yang ada di atas. Namun setelah menemukan metode leveling yang lebih efektif saya bisa sembari melatih kemampuan stealth dan kesabaran untuk mengeliminasi musuh.

D. Mempercepat untuk Membuild Sebuah Equipment

    Saya pernah menyebutkan bahwa membuild suatu equipment itu sangat penting karena akan membuat equipment tersebut lebih optimal. Demi mencapai tujuan tersebut, kamu membutuhkan beberapa kali forma. Tentunya untuk memberikan forma ke sebuah equipment kamu harus memaksimalkan level equipment tersebut sebelum bisa memberikan forma lagi, artinya kamu harus berkali-kali leveling. Namun jika kamu mengetahui cara efektif untuk melakukan leveling, melakukan build pada senjatapun tidak terasa melelahkan.

C. Hemat Waktu

    Tidak semua pemain memiliki waktu luang untuk bermain Warframe. Apalagi dengan genre looter shooternya yang membuat kamu menguras waktu lebih banyak daripada genre lain. Maka dari itu penting bagi kamu untuk melakukan hal-hal efektif di gim ini, salah satunya leveling. Tujuannya tentu menyeimbangkan kehidupan real life kalian, atau mungkin kalian memiliki gim lain yang ingin dimainkan. Sehingga kamu tetap bisa bermain Warframe dengan efektif tanpa menyita banyak waktu yang harusnya bisa kamu gunakan untuk hal lain.

3. Mengenal Pembagian Sharing Affinity (untuk Leveling)

A. Membunuh musuh dengan skill warframe: semua affinity masuk ke warframe
B. Membunuh musuh dengan senjata: setengahnya masuk ke senjata yang dipakai untuk membunuh musuh, setengahnya lagi masuk ke warframe
C. Tidak memakai senjata apapun (hanya melee), semua affinity masuk ke warframe

Catatan:
- Leveling di node non archwing memiliki range affinity sharing hanya sebesar 50 meter, jadi jangan terlalu jauh dengan buff affinity range squad kamu
- Leveling di node arch wing memiliki range sebesar 200 meter yang bisa diperluas dengan item fosfor
- Leveling di node railjack memiliki range yang tak terhingga, jadi sejauh apapun kamu dengan squad atau kapal, kamu tetap bisa berbagi affinity

4. Sumber Affinity

A. Membunuh musuh
B. Menyelesaikan suatu objective
C. Hack console
D. Casting skill
E. Scan item menggunakan scanner (tidak masuk ke equipment)

5. Equipment dan Beberapa Hal Lain yang Bisa Mempercepat Leveling Kamu

A. Affinity Booster

Stack affinity booster untuk leveling. Sumber: Penulis

    Booster dalam hal ini termasuk booster market/log in/sortie, booster bless dari mastery rank 30, dan booster event. Ketiga booster ini bisa saling stack dan mempercepat proses leveling kamu.

B. Affinity Spike pada Focus School Naramon

    Affinity spike pada focus school naramon akan memberikan kamu bonus affinity setiap kamu berhasil membunuh musuh dengan melee.

C. Double Affinity pada Smeeta Kavat

    Seperti yang sudah saya sarankan pada awal bermain, smeeta kavat sangat membantu mempercepat progress akun kamu. Salah satu buff yang dimilikinya adalah menggandakan affinity yang kamu dapat dalam suatu misi.

D. Stealth Kill Multiplier

Penggunaan skill ensnare untuk membuat musuh tetap unalerted. Sumber: Penulis

    Sesuai dengan tagar Warframe "Ninjas Play Free", dengan kamu membunuh musuh secara diam-diam layaknya ninja kamu bisa mendapatkan bonus affinity lebih banyak. Mekanisme tersebut disebut dengan stealth kill multiplier. Stealth kill multiplier bisa memberikan kamu bonus dari 100% sampai 500% affinity dengan durasi yang harus kamu pertahankan jika ingin leveling maksimal. Durasi stealth kill ini hanya sebesar 30 detik, dan akan berkurang terus menerus. Jika ingin mempertahankan bonus dan durasi, kamu harus melakukan stealth kill terus menerus secara cepat, dan hindari membunuh musuh yang kadang alert karena melihat karakter kamu.

E. Faksi Grineer Memberikan Kamu Lebih Banyak Affinity

    Faksi grineer memberikan kamu lebih banyak affinity daripada faksi lain. Maka dari itu Sedna menjadi tempat leveling populer khususnya pada node Adaro, dan Hydron. Selain itu, Elite Sanctuary Onslaught (ESO) memiliki mekanisme spawn musuh dengan faksi yang acak setiap minggunya, dan reset pada hari Senin jam 07.00 WIB. ESO yang menguntungkan adalah saat faksi grineer bisa spawn pada zone 1 sampai 2. Sehingga kamu bisa leveling lebih cepat dan lebih hemat waktu hanya pada zone ini.

6. Metode dan Mekanisme Leveling Paling Efektif untuk Setiap Equipment

A. Leveling Warframe dengan Stealth Kill

Lebih solo? bisa kok Sumber: Penulis

Leveling dengan bantuan orang lain. Sumber: Penulis

Persyaratan
:
- Memiliki frame yang spesifik
- Memiliki satu melee dengan build yang kuat (usahakan thrown melee, contoh: glaive)
- Memiliki satu teman yang mau membantu untuk membuat musuh tetap tidak alert (sleep)
- Usahakan menggunakan smeeta kavat saat leveling untuk mendapatkan kesempatan double affinity
- Memiliki focus school yang dibutuhkan, untuk yang ngeGB menggunakan zenurik, dan untuk yang diGB menggunakan naramon
Lokasi: Adaro, Sedna
Estimasi waktu: 2 sampai 5 menit setiap run.
Jika buff smeeta kavat tidak aktif= 2 sampai 3 kali run
Jika buff smeeta kavat aktif di awal= cukup 1 kali run
Kelebihan (+):
- Sangat efektif untuk leveling warframe
- Hemat waktu
- Kamu bisa tertarik untuk memperbaiki build warframe karena lebih hemat waktu dalam levelingnya
Kekurangan (-):
- Harus bisa bermain cepat/speed run, karena bonus affinity dari stealth kill diberi durasi
- Harus terbiasa dan memiliki chemistry yang baik dengan orang yang membantu atau dibantu GB leveling
Affinity yang Bisa Didapat: 200.000-3.000.000
    
    Node Adaro di Sedna adalah pilihan terbaik dan efektif kalian untuk leveling warframe. Tapi ada satu catatan khusus. Kalian perlu skill sosial untuk meminta bantuan pada teman yang memiliki Equinox dengan build sleep. Kamu juga harus memiliki Equinox build sleep, jika sewaktu-waktu temanmu butuh bantuan untuk leveling warframe mereka. Terlebih frame non DPS sangat sulit sekali untuk naik level. Cukup dengan 2-10 menit warframe kamu bisa level 30 (max) dengan metode ini.

Daftar Rekomendasi Warframe dan Buildnya untuk GB Leveling

Build Equinox sleep dan ensnare, Sumber: Penulis

Build Khora ensnare. Sumber: Penulis

Build Loki ensnare. Sumber: Penulis

Mekanisme dan Pembagian Tugas

Tugas Equinox/Khora/Loki

Persyaratan:
Membawa Equinox/Khora/Loki build sleep/ensnare (seperti contoh di atas) dan menyiapkan energy pad apabila kehabisan energy untuk spam skill.
Cara: Membuka jalan dan casting skill sleep/ensnare ke musuh secepat mungkin sembari menunggu teman membunuh. Jangan sampai ketahuan musuh. Apabila ada musuh yang alerted cepat kill dan reset alarm apabila menyala, dan tunggu beberapa saat sampai tanda alerted mereka hilang (segitiga merah berlubang) dari mini map.


Testimoni yang sudah saya GB menggunakan metode ini. Sumber: Penulis

Tugas yang Dicarry Leveling

Persyaratan: Cukup membawa frame yang ingin dileveling dan senjata melee saja yang bisa 1 hit kill. Disarankan membawa smeeta kavat dengan harapan mendapatkan buff afinity booster (double affinity).
Cara: Mengikuti arah Equinox/Khora/Loki dan membunuh musuh secepat mungkin dengan melee tentunya, agar tidak menimbulkan suara yang nantinya menimbulkan status alert terhadap musuh. Kenapa harus membunuh dengan senyap? karena kalian akan mendapatkan buff stealth affinity booster. Semakin kalian terus membunuh musuh yang tidak alerted (tanda panah merah berlubang di mini map) maka semakin banyak stack stealth affinity booster (maksimal 500% bonus EXP). Ingat! hindari membunuh musuh yang alerted (segitiga penuh di mini map) agar stealth affinity boostermu tidak reset. Pastikan juga durasi stealth affinity booster tetap terjaga agar tidak reset di awal juga. Tanda bonus affinity ada di pojok kanan atas dekat shield/health bar. Ada tulisan 100-500% dengan durasi yang dicantumkan.


Salah satu musuh alerted yang melihat temannya terbunuh. Sumber: Penulis

Kunci dengan skill sleep atau ensnare, tunggu sampai dia kembali normal. Sumber: Penulis


    Sekarang paling gampang menggunakan skill ensnare karena bisa mengumpulkan musuh secara cepat dan membuat mereka sleep. Asal jangan sampai terlihat oleh salah satu dari musuh yang bisa mentrigger musuh lain untuk alerted. Kemudian, jika kalian tidak memiliki teman (sad) sebenarnya kalian bisa leveling sendiri menggunakan melee tipe thrown dengan build heavy. Asalkan kalian sudah tau mekanisme dan pattern dari arah gerakan musuh biar mereka tidak alerted. Kalau sudah paham dengan mekanisme ini, nanti kalian bisa leveling warframe kalian sendiri dengan cepat. Kuncinya hanya perlu bersabar dan memperhatikan seluruh musuh di mini map.

B. Leveling Senjata, Arch Gun, dan Companion

Stealth Kill (Lagi) di Adaro Sedna

Buset ada kaki grineer. Sumber: Penulis

Persyaratan:
Lokasi: Adaro, Sedna
Estimasi waktu: 5-7 menit setiap run
Kelebihan (+):
Kekurangan (-):
Affinity yang Bisa Didapat: 200.000-400.000
Mekanisme:

Elite Sanctuary Onslaught (ESO)

Leecher, tapi tetap suportif terhadap squad dengan membawa Rhino infuse Protea. Sumber: Penulis

Persyaratan:
- Menyelesaikan quest The New Strange
- Memiliki warframe support seperti Rhino dan Trinity
Lokasi: Navigasi/Simaris di tiap relay
Estimasi waktu: 2 menit setiap ronde, sesuaikan kebutuhan dan perkirakan senjata yang dibawa untuk leveling
Kelebihan (+):
- Mendapatkan relic radiant atau part senjata braton dan lato vandal
- Ramai dengan sistem matchmaking acak
Kekurangan (-):
- Harus menjadi frame support (Rhino atau Trinity) jika ingin cepat leveling senjata
- Minimal ada warframe DPS yang membunuh musuh agar mendapatkan affinity
- Jika bermain random public ada kemungkinan tidak akan ada warframe khusus DPS
Affinity yang Bisa Didapat: 100.000 sampai 200.000 affinity per zone, menyesuaikan faksi musuh yang dihadapi (setiap minggu ESO reset faksi dan tileset)

C. Leveling Amp Operator

Lokasi: ESO
Mekanisme: sama seperti di poin 6B, bedanya hanya casting skill secukupnya lalu langsung berubah ke mode operator agar affinity masuk ke amp.

D. Leveling Arch Wing dan Arch Melee

Lokasi: Salacia, Neptune

E. Leveling K-Drive

Leveling K-Drive di The Pearl, Orb Vallis. Sumber: Penulis

1. The Pearl. Mekanismenya adalah melakukan trick bebas dan santai di sumur The Pearl, lokasinya berada di pojok kiri bawah peta Orb Vallis. Lakukan trick sampai skor total 3000 atau 6000 (menggunakan mod untuk menggandakan skor).

Leveling K-Drive di Race Cambion Drift. Sumber: Penulis

2. Race. Mekanismenya adalah menggunakan k-drive di open world (PoE, OV, CD) kemudian buka map (tombol M). Kemudian cari pos race di NPC yang dikehendaki dan mulai jalankan racenya.

F. Leveling Necramech


Menjalankan event Operation: Orphix Venom sambil leveling necramech. Sumber: Penulis

- Event (yang Melibatkan Necramech)
    Mekanismenya adalah menjalankan misi sesuai objective, namun dengan santai. Event pertama kali yang melibatkan necramech adalah Operation: Orphix Venom.
- Thermia Fracture
    Mekanismenya adalah menjalankan event ini seperti biasa di Orb Vallis, dengan menaikkan tingkat alert ke lv 4 untuk mendatangkan musuh yang banyak. Jangan lupa jalankan objective, sembari membunuh musuh dengan necramech.
- Profit Taker
    Mekanismenya adalah minimal 2 orang. 1 DPS (Mesa). 1 Support (Wisp/Trin) usahakan sudah infuse skill Protea yang berguna untuk regenerasi energi necramech. Cukup hancurkan shield PT di phase awal, lalu biarkan dia lumpuh sehingga dia tidak akan ikut menyerang. Kill musuh yang akan spawn di sekitar PT. Jangan sampai menghancurkan kaki PT!
Video tambahan untuk referensi

Terakhir diperbarui: 11 Juli 2021

Silahkan berkomentar sesuai peraturan

- Hak cipta © 2022 sepenuhnya milik Digital Extremes - Desain dasar blog oleh Johanes Djogan -