19 Oktober 2020

 
Mesa melawan Profit Taker. Sumber: Game Watcher

    Credit merupakan salah satu mata uang di Warframe yang memiliki banyak fungsi. Fungsi tersebut meliputi; biaya untuk menaikkan rank mod, membeli item di market atau dojo, biaya pajak trading antar player baik di dojo maupun bazaar Maroo, dan biaya crafting equipment. Ada banyak sekali cara farm credit di Warframe, mulai dari yang tidak efektif sampai yang paling efektif. Sebelum lebih dalam saya jelaskan, ada satu catatan penting dalam credit. Setiap kamu login harian di atas jam 07.00 WIB, misi pertama yang akan kamu masuki akan melipatgandakan hadiah credit yang kamu terima. Hal ini hanya berlaku satu kali setiap hari. Oke langsung saya jelaskan cara menjadi cepat kaya di bawah!


Sortie fase ketiga yang sengaja saya lakukan setelah reset harian di atas jam 07.00 WIB. Sumber: Penulis

   Farm credit di sini akan saya bagi ke dalam 2 kategori, yaitu; farm credit secara pasif dan aktif. Farm credit secara pasif adalah saat di mana kebanyakan pemain lebih berfokus terhadap misi atau objective, dan hadiah yang lain, namun tetap akan mendapatkan hadiah credit yang lumayan secara tidak sadar. Sedangkan farm credit secara aktif adalah saat pemain sangat berfokus untuk mendapatkan credit itu sendiri. Sekarang mari saya jelaskan satu per satu cara farm credit disertai dengan berbagai buildnya!

Farm Credit secara Pasif

1. Sortie

Sortie stage 1 dengan bonus double credit setelah reset log in. Sumber: Penulis

Sortie stage 2. Sumber: Penulis

Sortie stage 3 atau terakhir. Sumber: Penulis

Persyaratan: Menyelesaikan quest The War Within (TWW)
Lokasi: Orbiter atau relay (navigasi)
Estimasi waktu: 1.5-25 menit setiap stage, bergantung pada jenis misi dan komposisi squad
Kelebihan (+):
- Lumayan banyak untuk pemula
- Ramai dengan sistem matchmaking public acak
- Bisa mendapatkan berbagai hadiah yang bisa menunjang aktivitas kamu dalam bermain
Kekurangan (-):
- Hanya tersedia setiap reset harian (jam 23.00/00.00 WIB)
- Lumayan susah untuk pemula yang equipment dan buildnya belum lengkap, karena ada beberapa modifier yang bisa menyulitkan
Credit yang Bisa Didapat:
- Stage 1: 20.000 credit
- Stage 2: 30.000 credit
- Stage 3: 50.000 credit
Jika ditotal mencapai 100.000 credit

    Setelah kamu menyelesaikan quest TWW, kamu akan memiliki akses ke misi sortie. Setiap jam 23.00 atau jam 00.00 WIB, sortie akan terreset dengan sekumpulan misi disertai dengan debuff atau modifier yang akan membuatmu cukup kesulitan. Sortie akan memberikanmu berbagai hadiah seperti ayatan sculpture, riven, endo, kuva, booster 3 hari, orokin reactor, orokin catalyst, dan legendary core. Nah, selain itu sortie juga memberikan credit yang lumayan banyak untuk pemula. Ini bisa kamu manfaatkan di awal-awal bermain.

Tips:
- Jika ada misi spy; hindari public matchmaking dan ajak squad yang bisa diandalkan. Kamu juga bisa bermain solo sehingga jika gagal kamu menyalahkan diri sendiri, bukan orang lain.
- Jika ada modifier radiation; gunakan frame yang anti status, lepas companion beserta senjatanya, dan direkomendasikan bermain solo agar tidak gagal. Selalu perhatikan proc radiation pada frame kamu yang bisa menghancurkan objective dan membuat misi kamu gagal.
- Jika ada modifier energy reduction; gunakan frame dengan efisiensi yang tinggi, bisa juga gunakan frame yang memiliki sumber energi yang tidak umum. Contohnya seperti; Hildryn, dan Lavos.

2. Jual Beberapa Part Blueprint (BP) Duplikat

Total credit yang bisa kamu dapatkan dari menjual part Harrow. Sumber: Penulis

Persyaratan: Membunuh eximus ataupun musuh corrupted (misi void fissure) di tiap node.
Lokasi: Orbiter atau relay (inventory)
Estimasi waktu: 3-6 menit setiap run, bergantung pada jenis misi. Disarankan memilih jenis misi speed run seperti; capture, exterminate, rescue, dan sabotage
Kelebihan (+): Paling mudah
Kekurangan (-): Harus sering spam misi (termasuk misi spesial seperti void fissure)
Credit yang Bisa Didapat: 3.500 credit per part

    Buka inventory lalu jual item-item duplikat yang kamu dapatkan dari berbagai misi. Khususnya item duplikat yang berjumlah puluhan dan ratusan. Biasanya item yang sering dijual dan dijadikan credit adalah blueprint (BP) Oberon atau Harrow. Drop chance BP mereka sangatlah kecil, namun karena terdapat di berbagai musuh yang sering spawn, maka tidak heran kalau kamu bisa mendapatkan banyak duplikatnya.

Tips: Pilih misi speed run seperti capture, exterminate, rescue, sabotage agar kamu bisa lebih cepat menyelesaikan misi-misi di Void Fissure

3. Railjack (RJ)

Dry dock di dojo, tempat untuk mengkonfigurasi railjack. Sumber: Penulis

Total credit sebelum extract. Sumber: Penulis

Total credit setelah extract. Sumber: Penulis

Persyaratan:
- Menyelesaikan quest Rising Tide
- Menyiapkan konfigurasi dan build railjack (khusus untuk solo)
Lokasi: Node di mode railjack, khususnya Veil Proxima
Estimasi waktu: Tergantung keinginan atau kemampuan
Kelebihan (+): Mendapatkan berbagai bonus hadiah item bermacam-macam, termasuk resource RJ, relic, riven sliver dan blueprint forma
Kekurangan (-):
- RJ memiliki banyak visual efek yang membuat kamu mudah pusing
- RJ banyak memiliki bug
- Optimisasi RJ jelek, sehingga membuat performa PC kamu jadi lag atau stutter
Credit yang Bisa Didapat: 75.000 credit sampai 100.000 credit setiap 1 kali run (tergantung node dan jenis misinya)

    Jika ingin memulai metode ini dengan lebih cepat, kamu bisa memulai dari diri sendiri, namun memerlukan build railjack (RJ) yang mumpuni. Selain itu, agar pemain public yang bergabung tidak akan leave. Lebih baik ikut public dulu sampai kamu upgrade intrinsic di level 5 semua, sembari membuild komponen dan plexus RJ. Node yang disarankan dan paling ramai adalah node-node yang ada di Veil Proxima.

A. Daftar Konfigurasi, dan Build untuk Railjack

Komponen railjack. Sumber: Penulis

Armaments railjack. Sumber: Penulis

Build plexus railjack. Sumber: Penulis

*Ada slot yang sengaja saya kosongi karena memang belum mendapatkan modnya.

Intrinsic railjack. Sumber: Penulis

*Seimbangkan semua kategori ke rank 5-7, lalu maksimalkan semuanya kecuali gunnery

Crew railjack. Sumber: Penulis

*Crew railjack bisa kamu dapatkan dari Ticker di Fortuna, Venus

Tips: Pilih misi yang bisa speed run seperti exterminate untuk mempercepat misi, sehingga kamu juga cepat mendapatkan credit.

Farm Credit secara Aktif

1. Defense Seimeni, Ceres

Node Seimeni, Ceres. Sumber: Penulis


Persyaratan: Membuka node Seimeni, Ceres
Lokasi: Seimeni, Ceres
Estimasi waktu: 3-6 menit tiap run
Kelebihan (+): Paling mudah
Kekurangan (-): Membutuhkan frame (build) nuke yang kadang masih sulit dimiliki pemula
Credit yang Bisa Didapat: 20.000 credit sampai 25.000 credit setiap 5 wave

    Caranya cukup sederhana, selesaikan 1 rotasi (5 wave) misi defense di Seimeni, Ceres. Lalu extract, dan kamu akan mendapatkan credit sebesar 20.000 sampai 25.000. Ulang lagi sampai merasa cukup. Gunakan cara ini sebagai modal menuju The Index.

Tips: Gunakan Equinox build nuke (mend & maim) untuk mempercepat misi.

2. The Index

Map paling efektif untuk speed run the index. Sumber: Penulis

Persyaratan:
- Menyelesaikan quest The Glast Gambit
- Membutuhkan uang taruhan di awal
- Membutuhkan frame dan senjata yang spesifik
Lokasi: Index, Neptune
Estimasi waktu: 5-7 menit setiap ronde
Kelebihan (+): Paling populer karena hampir semua pemula akan memilih metode ini, sehingga kamu bisa menemukan squad dengan lebih mudah.
Kekurangan (-): Rework map corpus dengan tileset baru berupa gas city membuat salah satu map menjadi luas, sehingga lumayan menguras waktu. Ini bisa diakali dengan memulai index dari navigasi dojo agar mendapatkan map outdoor yang sempit untuk mempercepat misi atau ronde index.
Credit yang Bisa Didapat:
The Index memiliki 3 jenis kesulitan, sesuaikan dengan budget (credit) dan kemampuan kamu, baik solo dan/atau kemampuan squad kamu. Semakin besar tingkatannya maka semakin sulit musuhnya, namun credit yang didapatkan semakin banyak;

- Low risk: 75.000 credit per ronde (biaya masuk 30.000 credit), harus mengumpulkan 50 poin tiap ronde
- Medium risk: 135.000 credit per ronde (biaya masuk 40.000 credit), harus mengumpulkan 75 poin tiap ronde
- High risk: 200.000 credit per ronde (biaya masuk 50.000 credit), harus mengumpulkan 100 poin tiap ronde

Catatan: Biaya masuk akan dikembalikan setelah kamu memenangkan pertandingan

    Komposisi squad untuk index umumnya terbagi dalam 2 jenis role. Pertama, role DPS berfungsi untuk membunuh musuh tanpa mengambil poin untuk menghindari penalti pengurangan HP dan energi. Role DPS bisa menggunakan; Mesa, Excalibur Umbra, dan Equinox. Kedua, role point carrier yang berfungsi untuk membawa poin ke markas. Role ini biasa menggunakan frame yang tanky seperti Rhino, Wukong, dan Revenant. Jika ingin public atau solo matchmaking, kamu bisa menggunakan Revenant atau Wukong. Dua warframe ini bisa berfungsi sebagai role DPS sekaligus point carrier.

Tips:
Tips dasar:

1. Mulai index dari navigasi di dojo siapapun untuk mendapatkan map outdoor yang kecil, sehingga kamu dan/atau squad kamu bisa speed run di map ini.
2. Usahakan full squad. Jika solo atau partial squad, maka squad kamu akan diisi oleh bot/Artificial Intelligence (AI). AI pada misi index akan bergerak berdasarkan sistem, jadi terlihat pepega alias blo'on

Tips tiap role:

1. DPS: cukup kill dari jarak jauh, tidak perlu membawa poin agar tidak terkena penalty berupa pengurangan HP/health dan energi.
2. Point carrier: usahakan kumpulkan 15 poin (+bonus 8) lalu masukkan ke markas. Ini adalah angka efektif untuk mempercepat run. Selalu perhatikan waktu juga agar misi index kamu tidak gagal.

A. Daftar Build untuk Index

DPS

Build Mesa DPS untuk index. Sumber: Penulis

Build Excalibur Umbra untuk DPS untuk index. Sumber: Penulis

*Sebenarnya build untuk Excalibur Umbra cukup health dan armor saja, karena saat kamu menggunakan operator umbra akan menjadi AI dan menembak seluruh musuh di sekitar dengan cepat.

Build Equinox DPS (duality) untuk index. Sumber: Penulis

*Neutron star bisa diganti dengan streamline.

Point Carrier

Build Wukong point carrier untuk index. Sumber: Penulis

Build Rhino point carrier untuk index. Sumber: Penulis

Build Revenant point carrier untuk index. Sumber: Penulis

*Jika penggunaan Revenant bertujuan untuk ngetank saja, cukup build max effi dan max str.

B. Daftar Rekomendasi Senjata dan Build

Build opticor vandal untuk index. Sumber: Penulis

Build rubico prime untuk index, khusus digunakan oleh Excalibur Umbra atau Equinox. Sumber: Penulis

*AI bisa menembak dengan cepat, khususnya augment duality Equinox memiliki kemampuan untuk menambah base damage additive (seperti serration) sebesar 300% terhadap senjata yang dipegang olehnya. Jadi cukup memasukkan mod faction, multishot, critical, dan tentunya punch through. Karena lock aim dari AI tidak memikirkan penghalang seperti tembok, maka punch through merupakan pilihan utama agar proyektil atau peluru senjata bisa langsung menembus tembok dan mengenai target secara langsung.

3. Heist/Profit Taker (PT)

Chroma melawan profit taker. Sumber: Penulis

Bermain solo, hasil credit kali ini terkena buff double credit oleh smeeta kavat sebanyak satu kali. Sumber :Penulis

Bermain squad bisa lebih cepat dan agak santai, hasil credit kali ini terkena buff double credit oleh smeeta kavat sebanyak dua kali. Sumber: Penulis

Persyaratan:
- Menyelesaikan quest Vox Solaris
- Wajib rank 5 (old mate) Solaris United
- Menyiapkan berbagai equipment termasuk build yang mumpuni
- Mengetahui mekanisme dasar pertarungan
Lokasi: NPC Eudico dekat Little duck (gudang belakang) di Fortuna, Orb Vallis
Estimasi waktu: 1 - 5 menit tiap run
Kelebihan (+):
- Paling efektif untuk sementara karena bisa diboost atau digandakan lagi dengan event thermia (double credit), dan buff double credit dari smeeta kavat
- Bisa sekalian farm crisma toroid sekalian untuk ditukar menjadi standing Vox Solaris dan item yang bisa kamu jual lagi sebagai platinum
- Bisa sekalian farm debt-bond yang bisa ditukarkan ke Ticker sebagai standing Solaris United
Kekurangan (-):
- Membutuhkan PC yang kuat untuk open world
- Equipment dan build yang mumpuni
- Tidak bisa endless sehingga harus keluar masuk gerbang Fortuna
Credit yang Bisa Didapat:
- Base/dasar: 125.000 credit setiap kali run
Credit tersebut bisa dikalikan lagi oleh;
- Ulti chroma: Menggandakan drop credit tersebut menjadi 250.000 credit setiap kali run
- Ulti chroma ditambah bless MR 30: 280.000 credit setiap kali run
- Ulti chroma ditambah bless MR 30, dan smeeta kavat: 560.000 sampai 2.240.000 credit setiap kali run
Setelah selesai mempick up credit dari PT, saat keluar gerbang credit tersebut akan digandakan lagi oleh event credit, booster credit dari log in/market/Baro, dan event thermia yang berada pada kondisi tertentu. Sehingga bila ditotal kamu bisa mendapatkan 1.400.000 sampai 10.000.000 setiap kali run hanya dengan waktu 1 sampai 5 menit saja asal syaratnya terpenuhi semua.

Event thermia dengan status warna oren yang bisa menggandakan credit pada misi-misi di Orb Vallis, disertai dengan sisa waktunya. Sumber: Penulis

    Heist atau PT menjadi sangat efektif untuk farm credit sekarang. Kelebihan lain yang tidak dimiliki metode farm credit lain adalah adanya event thermia. Event thermia ini akan aktif jika banyak yang mengerjakan event tersebut. Nah, saat event thermia aktif maka akan ada kondisi status yang berbeda. Jika thermia berada pada status tertentu dan berwarna oren, maka seluruh credit yang kamu dapat di Orb Vallis (dalam hal ini termasuk heist/PT) akan digandakan. Sehingga credit yang akan kamu peroleh akan semakin banyak. Kemudian untuk tulisan lebih lanjut mengenai Profit Taker dan cara mengalahkannya akan saya bahas lebih dalam di sini.

Jadi miliuner di Warframe dengan credit 999.999.999+. Sumber: Penulis

*Catatan:

- Usahakan build kamu sama dengan build di atas agar lebih optimal dan efektif. Misalkan belum punya atau tidak muat untuk dimasukkan, kamu bisa menggunakan versi non umbra/non primed. Downsidenya adalah berkurangnya efektivitas kamu (baik dalam hal menyerang ataupun waktu) untuk menjalankan tiap misi tersebut.
- Tidak disarankan menjual diplikat mod menjadi credit, karena lebih worth untuk dijadikan endo. Kecuali jika memang terpaksa.
- Tidak disarankan untuk menjual item tradeable yang lebih worth untuk dijual sebagai plat, kamu bisa menghindari kesalahan ini dengan mengecek harganya terlebih dahulu di warframe market.

Terakhir diperbarui: 31 Juli 2021

Silahkan berkomentar sesuai peraturan

- Hak cipta © 2022 sepenuhnya milik Digital Extremes - Desain dasar blog oleh Johanes Djogan -