31 Desember 2020

Tolak Inaros! :D. Sumber: Penulis

    Kesalahan adalah suatu hal wajar yang pernah dilakukan manusia, termasuk pemain Warframe. Sebelum lebih jauh bermain, alangkah baiknya kamu bisa menghindari berbagai kesalahan di bawah ini. Sehingga diharapkan kamu bisa bermain lebih nyaman, efektif, dan efisien. Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut? mari saya jelaskan satu per satu.



1. Melanggar End User License Agreement (EULA), dan Terms of Service (ToS) Warframe

Peringatan sebelum melakukan trading. Sumber: Warframe Forums

    Kelihatannya sangat remeh, tapi dalam hal ini DE dan bot ban yang mereka miliki sangat sensitif. Apabila kamu terbiasa menjadi cheater, atau melakukan Real Money Trade (RMT) alias transaksi item menggunakan uang asli, jangan pernah lakukan hal itu di Warframe. DE sangat ketat terhadap peraturan yang mereka buat. Apabila kamu melanggar, kemungkinan sangat besar akun kamu terkena ban permanen dan susah untuk dikembalikan. Jika ingin mencari uang dari sini masih ada cara lain kok, kamu bisa streaming atau membuat konten mengenai Warframe.

2. Tidak Mau Membaca, Melihat, dan Mencerna Informasi

Halaman utama Warframe Wiki. Sumber: Warframe Wiki

    Penyakit malas membaca memang masih jadi momok untuk bangsa kita. Tapi jika kamu mau memaksa dirimu untuk tidak malas membaca dan mencerna informasi, maka kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Pertama, kamu bisa bermain lebih efektif dan efisien. Kedua, kamu bisa mendapatkan keuntungan baik secara materi ataupun non materi.

    Contoh secara materi, saat kamu mengetahui ada informasi tentang Loki yang akan diunvault, kamu segera menjualnya sebelum banyak pembeli yang tahu. Sehingga kamu masih bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak. Sedangkan contoh non materi adalah, kamu bisa jadi panutan dan dihargai karena bisa bermain lebih baik.

3. Tidak Memaksimalkan Berbagai Fitur, dan Jalan Pintas dari User Experience

Fitur tombol Esc untuk mempercepat navigasi/mobilisasi. Sumber: Penulis

    Fitur-fitur yang tersedia di option in game Warframe bisa membantu kamu untuk mempermudah melakukan sesuatu. Selalu gunakan tombol Esc untuk mempercepat mobilisasi terhadap NPC tertentu. Ada pula beberapa option yang kadang belum diaktifkan oleh para pemain. Seperti mengatur maksimal ping saat bergabung di lobby matchmaking, menyalakan time stamp di chat, dan menampilkan FPS dan ping.

    Contoh paling fatal dan lucu adalah, jika kamu tidak mengaktifkan fitur time stamp di chat. Saat ada yang hosting misi tertentu, dan (sebenarnya) kamu telat menjawab, tapi kamu tetap memaksa ikut, pasti yang ngehosting tertawa sambil bilang "telat bro, jam berapa tadi aku chatnya". Kamu pun bingung karena merasa kamu sudah merespon dengan sangat cepat. Maka dari itu mengaktifkan dan menggunakan fitur ini sangatlah penting. Fungsinya untuk menghindari miskomunikasi.

4. Membuang Equipment atau Senjata Sembarangan

Salah satu contoh crafting senjata yang membutuhkan senjata lain. Sumber: Penulis

    Petualangan awal kamu akan dimulai dengan slot inventory yang terbatas. Sembari crafting equipment tertentu, bisa jadi kamu kebingungan karena kekurangan slot equipment. Selain itu, kamu juga kesusahan mencari platinum untuk membeli slot equipment tersebut. Maka, pilihannya hanya menjual senjata yang tidak terpakai atau tidak disuka.

    Tidak masalah menjual equipment yang sudah tidak terpakai atau tidak disuka. Tapi ingat, sebenarnya ada beberapa senjata yang dibutuhkan untuk crafting senjata lain. Daftar lengkapnya bisa kamu cek di Weapons Required as Crafting Ingredients. Selain itu, bisa jadi kamu membutuhkan senjata tersebut di lain hari, dan mau tidak mau kamu harus crafting lagi.

5. Membuang Equipment Prime atau Varian Paling Bagus

Membuang warframe prime. Sumber: Penulis

    Mungkin kamu sangat frustasi karena tidak memiliki slot seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Tapi hey, ya jangan dibuang equipment primenya walaupun kamu tidak suka. Jika suatu saat kamu ingin melakukan quest atau misi yang membutuhkan equipment tersebut gimana hayo? kamu pusing sendiri kan, dan mau tidak mau kamu harus farming dan crafting (lagi) equipment tersebut. Nah, lebih baik koleksi equipment tersebut sambil farm platinum, sehingga kamu tidak rugi. Toh gim ini genrenya kan looter shooter. Jika kamu sembarangan membuang equipment feel atau rasa untuk mengoleksi benda-benda tersebut akan hilang.

6. Salah Modding dan Tidak Memaksimalkan Build Equipment

Mesa rasa Inaros. Sumber: Penulis

    Saya paham, tidak semua orang punya banyak waktu untuk leveling. Tapi selalu ada cara untuk memaksimalkan build kamu. Gunakan cara leveling efektif seperti yang sudah saya jelaskan. Usahakan untuk crafting forma setiap hari atau membeli forma bundle hasil dari farm platinum. Jika kamu tidak memaksimalkan build, kamu akan kesusahan menghadapi berbagai konten secara solo. Bahkan, mungkin teman satu squad kamu lebih memilih leave squad daripada bermain denganmu yang tidak mementingkan build.

7. Hanya Mengandalkan Warframe/Senjata Favorit Setiap Kali Bermain

Saking metanya dan braindeadnya Wukong, sampe mau 50%. Sumber: Penulis

    Setiap pemain Warframe setidaknya memiliki warframe atau senjata favoritnya masing-masing. Tapi, ayolah jangan pakai Excalibur/Wukong/Inaros terus. Oke, itu hak dan kebebasan kamu untuk memilih warframe. Tapi jika dalam suatu misi yang jelas-jelas tidak butuh frame yang disebutkan di atas, dan kamu tetap memaksa, maka siap-siap tidak diterima dalam squad.

    Mempelajari berbagai macam frame, dan senjata menurut saya sih wajib. Jika kamu dihadapkan dengan berbagai mode yang mengharuskan kamu berganti-ganti frame, kamu tidak akan kebingungan memakainya atau memaksimalkan combo skillnya sesuai kondisi yang cocok dengan keinginan kamu atau squad kamu.

8. Takut Mencoba Mode Lain yang Lebih Menantang

Pemain pro dolonnya pakai Excalibur gan :D. Sumber: Penulis

    Sayangnya Warframe tidak pernah menghargai kegagalan, padahal setiap manusia pasti pernah gagal sehingga bisa belajar banyak. Tidak pernah ada nightwave ataupun achievement tentang kegagalan. Contoh yang akan saya bicarakan adalah eidolon hunt dan PT. Kebanyakan pemain yang saya temui pasti mengeluh harga arcane mahal, dan farming credit yang sungguh lama. Padahal 2 mode atau metode yang saya sebutkan barusan adalah hal yang peling efektif. Tapi banyak pemain yang enggan melakukannya. Oke, kamu memang tidak wajib melakukan hal tersebut. Tapi jangan protes jika kamu bilang tidak ada konten, padahal konten seperti itu saja kamu tidak mau melakukannya :D.

Terakhir diperbarui: 9 Januari 2021

Silahkan berkomentar sesuai peraturan

- Hak cipta © 2022 sepenuhnya milik Digital Extremes - Desain dasar blog oleh Johanes Djogan -