06 Desember 2020

Platinum. Sumber: Nintendo

    Platinum atau biasa disingkat plat/P (bukan ping) adalah salah satu unsur kimia dari 3 jenis mata uang yang ada di Warframe, selain credit dan ducat. Salah satu mata uang ini tergolong premium karena berfungsi layaknya uang di dalam dunia nyata. Karena setiap transaksi antar pemain seringnya membutuhkan mata uang ini. Selain itu, platinum berfungsi untuk membeli berbagai item matang yang sudah tersedia di in game market, baik berupa; slot equipment, booster, dan deluxe skin. Maka dari itu untuk bertahan hidup di gim ini kamu jelas butuh platinum.

    Saya akan memberikan berbagai tips farming platinum tanpa membelinya dari situs resmi Warframe. Tapi jangan lupa, jika kalian punya uang lebih dan dapet diskon gede, disarankan untuk membeli platinum dari situs resmi. Hitung-hitung kita mendukung kerja keras mereka dengan gim gratis buatan mereka.


1. Apa itu Platinum?

    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, platinum merupakan jenis mata uang premium yang digunakan untuk melakukan transaksi item antar pemain. Platinum bisa kamu dapatkan dengan berbagai cara, mulai cara yang baik sampai cara yang bisa dibilang "nakal" bahkan dilarang.

2. Dari Mana Sumber-sumber Platinum Para Pemain?

Tampilan situs resmi untuk membeli plat di Warframe. Sumber: Warframe

A. Membuat Akun Baru

    Setiap pemain akan dibekali dengan 50 platinum yang direkomendasikan untuk membeli slot. Platinum ini hanya bisa digunakan untuk membeli item-item di market in game. Platinum ini juga tidak bisa ditransaksikan pemain lain untuk menghindari penggunaan akun baru untuk memperkaya diri sendiri seperti koruptor.

B. Gesek Kartu Kredit atau Debit alias Membeli dengan Uang Asli

    Pay to win? bukan, di Warframe modelnya lebih ke pay to skip. Sebenarnya semua item di dalam game bisa didapatkan secara gratis (kecuali beberapa item fashion) dengan menghabiskan waktu farming dan menunggu crafting. Nah, sesuaikan dengan keinginan kamu sendiri. Pilih membeli tapi cepat atau farm dengan mengorbankan waktu kamu. Membeli plat sangat disarankan ke situs resminya yaitu di sini.

    Selain dari situs resmi kamu bisa membelinya dari situs tidak resmi, contohnya di situs itemku. Namun, hal ini melawan peraturan yang telah dibuat oleh developer Warframe yaitu Digital Extremes, dan tidak disarankan, saya ulangi TIDAK DISARANKAN! Membeli platinum selain di situs resmi sangat beresiko tinggi. Resiko-resiko tersebut antara lain;

- Platinum akan diambil kembali oleh sistem dan membuat kamu memiliki minus platinum, sehingga kamu tidak bisa log in sama sekali dan harus menebus platinum tersebut dengan uang asli untuk dapat membuka dan mengakses akunmu lagi
- 2035 alias ban permanen bisa berlaku ke akun kamu jika terbukti melakukan Real Money Trading (RMT). Usaha apapun yang kamu lakukan untuk memohon akun kamu kembali melalui support bisa menjadi sia-sia. Karena developer Warframe tidak akan memberi ampun dan mengembalikan akun yang sudah terbukti melakukan RMT.

C. Farm di Dalam Game

    Nah, karena memang dasar gimnya adalah farm, maka kamu juga bisa farm platinum tersebut di dalam gimnya. Simplenya adalah menjual item-item duplikat yang kamu punya. Item ini harus ditandai dengan ikon tradeable agar bisa ditransaksikan antar pemain. Item-item yang umumnya dijual adalah duplikat mod, duplikat prime part, kuva lich atau sisters of Parvos, companion, sampai riven.

3. Cara Farm Platinum

Ok, back to topic, saya akan membagikan tips farm platinum dalam 2 macam, yaitu; farm platinum secara aktif, dan farm platinum pasif. Mari saya jabarkan caranya lebih lanjut!

Farm Platinum secara Aktif

Titania sedang memikirkan relic mana yang menguntungkan. Sumber: Penulis

Farm platinum secara aktif ini jumlahnya relatif kecil sampai menengah, tapi kamu bisa langsung merasakan efeknya.

A. Menjual Mod Duplikat

Memilih mod prime yang akan dijual. Sumber: Penulis

    Walaupun mod bentuknya segede gaban waktu di misi, tapi inventory kalian tidak akan penuh dengan banyaknya mod duplikat yang kalian miliki. Selain bisa dikonversi sebagai credit atau endo, beberapa mod memiliki nilai jual mulai dari 1 platinum sampai 200 platinum. Ini semua bergantung pada jumlah permintaan pasar, tingkat kelangkaan, dan rank mod tersebut.

Persyaratan:
- Sering melakukan misi tertentu
- Membeli duplikat mod dari Baro Ki'Teer
- Memiliki credit dan endo yang banyak untuk meningkatkan rank mod sehingga bisa lebih mahal
Lokasi: Mod segment
Estimasi waktu: Tergantung keberuntungan dan cara farming mod tersebut
Kelebihan (+): Paling mudah
Kekurangan (-): Harus memiliki credit dan endo yang banyak untuk memaksimalkan rank mod (jika ingin harganya lebih mahal)
Platinum yang Bisa Didapat: 10 sampai 200 platinum

Tips:
- Menimbun mods yang susah drop, atau menimbun primed mods yang dijual di Baro. Tentunya primed mods yang sering dicari orang seperti continuity, flow, fever strike, heated charge, cryo rounds, pressure point, pistol gambit, target cracker, animal instinct, regen (primed semua). Jangan lupa, siapkan ducat yang banyak dengan menjual prime parts yang murah (secara platinum) ke kiosk di tiap relay, atau jual yang tidak diperlukan
- Jual primed mods ini setelah Baro jarang membawanya atau memperhatikan harga market sampai naik lagi
- Jika ingin untung banyak kalian bisa memaksimalkan rank mods tersebut tentunya membutuhkan credit dan endo yang banyak. Tulisan tips farm credit dan tips farm endo bisa kamu gunakan sebagai acuan untuk mempercepat kamu dalam farm platinum.

B. Menjual Item yang Tradeable (Non Prime)

Part braton vandal yang bisa dijual ke pemain lain. Sumber: Penulis

Persyaratan:
- Sering melakukan misi khusus seperti Elite Sanctuary Onslaught atau Iso Vault
- Memiliki equipment dan build yang spesifik untuk mempercepat misi-misi di atas
- Memiliki keberuntungan yang besar
Lokasi: Navigasi atau Bounty di Non Playabale Character (NPC) tertentu
Estimasi waktu: Tergantung keberuntungan dan cara farming mod tersebut
Kelebihan (+): Tidak banyak saingan untuk menjual item ini
Kekurangan (-): Harus memiliki equipment dan build yang baik untuk mengoptimalkan setiap run dari misi tersebut
Platinum yang Bisa Didapat: 50 sampai 300 platinum
    
    Biasanya di setiap misi kalian akan mendapatkan hadiah berupa item, baik itu item senjata, landing craft atau equipment lain yang tradeable alias bisa ditransaksikan kepada pemain lain. Item yang tradeable ini ditandai dengan icon recycle. Nah, item ini juga bisa kalian jual sesuai dengan harga market ataupun tergantung kemampuan scamming berjualan kalian.

Tips: Cari informasi harga item tradeable yang mahal dan jarang difarm orang, contoh: Braton Vandal dan Sporothrix

C. Menjual Prime Parts/Set

Salah satu contoh flexing senjata prime yang sedang mahal dijual. Sumber: Penulis

Persyaratan:
- Menyelesaikan quest The Rising Tide dan Call of The Tempestarii jika ingin membuka relic di mode railjack
- Sering melakukan berbagai misi yang memiliki hadiah berupa relic
- Sering melakukan misi spesial yaitu void fissure atau void storm (mode RJ) untuk membuka relic tersebut
Lokasi: Navigasi, bagian misi void fissure atau void storm (membutuhkan akses railjack)
Estimasi waktu: secara optimal (full squad dengan relic yang sama) sekitar 5 sampai 10 menit per set
Kelebihan (+): Paling sering digunakan sebagai komoditas jualan
Kekurangan (-):
- Harus memiliki stok relic dan reactant yang banyak untuk memilih hadiah yang diinginkan
- Karena tetap ada Random Number Generator (RNG) alias gacha, kamu harus melakukan ini secara full squad untuk menghemat penggunaan relic
Platinum yang Bisa Didapat: 15 sampai 500 platinum

    Prime parts tentunya memiliki kelebihan yang tidak dimiliki equipment vanilla. Mulai dari desain, stat, dan gimmick spesial yang mendukung pertempuran. Maka tidak heran kalau komoditi satu ini jadi salah satu yang paling sering dijual di trade chat in game. Untuk mendapatkan prime parts kalian cukup menjalankan misi void fissure dengan menggunakan relic. Setelah misi selesai kalian bisa memilih hadiah milik teman dalam misi (jika kalian membukanya bersama orang lain).


Tips:
- Jual saat prime acces baru rilis (sekitar 1 minggu) karena harganya akan turun terus setelah prime access tersebut berlalu
- Timbun relic unvault, buka segera, dan jual saat relic kembali masuk vault dan harga mulai naik
- Beli relic vaulted di trade chat/WFM atau mana saja, kemudian buka di server khusus seperti Relic Vault Burner/Relic Vault Recruitment untuk memudahkan menemukan pemain lain yang ingin membuka relic, kemudian kalian bisa jual prime parts secara terpisah ataupun set

Tulisan lebih lengkap mengenai optimalisasi void relic dan void fissure bisa dicek di sini.

D. Menjual Trash Riven

Salah satu contoh trash riven, tapi bisa jadi mahal kalo ada kolektor yang mau hehe. Sumber: Penulis

Persyaratan:
- Menyelesaikan quest The War Within
- Sering melakukan berbagai misi yang memiliki hadiah berupa riven atau riven sliver seperti; sortie, railjack, steel path
- Bisa menyelesaikan riven challenge
Lokasi: Mod segment
Estimasi waktu: Tergantung misi yang dijalankan
Kelebihan (+): Paling mudah menemukan pembeli di trade chat in game
Kekurangan (-):
- Harus memiliki pengetahuan mendalam mengenai riven dan build pada seluruh equipment agar tidak menjadi korban scam. Jadi riven yang kamu anggap trash sebenarnya bisa sangat mahal
Platinum yang Bisa Didapat: 15 sampai 50 platinum

    Meta adalah hal yang sering digilai banyak pemain di setiap gim. Namun dibalik meta, pasti ada non meta yang sering diabaikan. Salah satu contoh di Warframe adalah senjata non meta beserta riven milik senjata non meta yang sering dianggap "trash riven". Trash riven ini bisa kalian jual murah mulai dari 5-25 plat tiap satuannya.

Kenapa ada yang tertarik dengan trash riven? kan udah jelas sampah? well, ada pepatah mengatakan
Sampah milikmu bisa jadi harta karun bagi orang lain
    Ya, pepatah itu ada benarnya. Para pengepul trash riven ini memiliki maksud mengumpulkan trash riven tersebut untuk mereka roll lagi, dan kemudian mereka jual mahal. Opsi lain, mereka kekurangan bahan transmute untuk mentransmute sebuah riven. Ya biasa, mereka sedang mencoba peruntungan lagi dengan mentransmute sebuah riven, dengan harapan mereka mendapatkan riven senjata meta yang bisa dipakai sendiri atau dijual lagi lebih mahal ke pemain lain.

Tips: Jual senjata yang memang benar-benar trash, cari info dan banyak bertanya pada pemain yang lebih up to date dengan senjata-senjata meta atau non meta

Farm Platinum secara Pasif

Khora berkelana bersama Venari di Kuva Fortress untuk mencari kuva. Sumber: Penulis

Persyaratan:
- Membuka node survival di planet Kuva Fortress, dan membuka akses steel path
- Sering melakukan berbagai misi yang memiliki hadiah berupa kuva, contohnya; survival di Kuva Fortress, misi-misi steel path dan menukarkan steel essence menjadi kuva di Teshin
Lokasi: Navigasi
Estimasi waktu: Tergantung kemampuan dan kemauan
Kelebihan (+): Platinum yang bisa didapat sangat banyak
Kekurangan (-):
- Membutuhkan pengetahuan mendalam tentang riven, stat tiap equipment, dan dunia permoddingan
- Harus sabar, karena riven tidak mudah terjual dengan cepat
Platinum yang Bisa Didapat: 100 sampai 50.000 platinum

    Salah satu pilihan yang pasti sudah bisa ditebak, yaitu riven. Ya, riven adalah salah satu komoditi yang bisa kalian jual untuk mendapatkan platinum hingga ribuan. Ngga percaya? minta screenshoot ke orang yang sering jual riven aja ya hehe. Well, salah satu komoditi ini bisa dibilang penuh dengan RNG. Mulai dari mendapatkan rivennya via sortie, tipe senjata rivennya, roll stat rivennya, sampai mendapatkan pembeli yang ideal. Maka tidak heran jika kalian bisa menemukan pemain yang "gila farm" kuva. Ya karena penghasilan dari jual riven itu sangat besar.

    Potensi pendapatan dari riven berkisar dari 100 sampai 50.000 platinum. Bergantung pada; jumlah roll, meta/tidaknya sebuah riven, dan stat yang sesuai dengan senjata atau keinginan pembeli. Oke, beralih ke tips menjual riven yang akan saya sampaikan berdasarkan pengalaman saya;

- Jual unroll jika kalian ingin lebih cepat laku, dan tidak suka farm kuva berlebihan
- Roll jika kalian ingin untung atau rugi (bergantung pada RNG dan nasib kalian)
- Jual sesuai harga pasar, kalian bisa menggunakan SemlarRiven MarketServer Discord Folren sebagai acuan untuk memberikan harga pada riven yang ingin kalian jual
    
Salah satu contoh trading riven dengan keuntungan besar. Sumber: Discord INAWF (oleh Vesterbro)

    Patut dicatat dan digaris bawahi. Transaksi riven memerlukan sebuah penglihatan yang bagus serta kesabaran yang penuh. Stat yang bagus dengan harga yang murah pun kadang masih sarat dengan pembeli, apalagi jika harganya mahal. Maka dari itu, saya sudah sebutkan jika metode farm platinum dengan transaksi riven masuk dalam kategori pendapatan pasif. Karena kalian butuh proses yang matang dan kesabaran yang ekstra. Besarnya pendapatan dari transaksi ini sering dicurigai bot ban DE dalam membanned pemain. Kadang bot mengira transaksi tersebut dianggap RMT. Maka kalian harus berhati-hati dan selalu gunakan fitur screenshoot dengan menekan tombol default F6 in game, F12 via Steam, ataupun prtsc via paint dalam setiap transaksi riven kalian, terlebih di atas 1000 platinum.

4. Catatan dan Tips Umum (Tambahan) untuk Trading Platinum

A. Gunakan Logika Ekonomi Sederhana

    Trading di in game mirip dengan trading di dunia nyata, bedanya itemnya hanyalah item virtual. Logika ekonomi sederhana misalnya; barang murah karena mudah didapat dan penyuplai banyak, sedangkan barang mahal karena susah didapat dan penyuplai sedikit.

B. Pasar Bebas, Penjual Bebas Juga Menentukan Harga

    Dunia trading di Warframe ditentukan oleh pemain tanpa campur tangan developer. Sehingga harga tiap item diserahkan dan dibebaskan oleh tiap pemain. Kamu bisa menggunakan patokan harga menggunakan situs pihak ke tiga atau tools yang tersedia (lihat poin 5). Jadi, jangan heran dan protes jika ada memasang harga tidak wajar pada item tertentu. Tinggal pintar-pintarnya kamu memikirkan item tersebut memang pantas dihargai dengan harga tersebut atau tidak. Karena masih ada juga pemain yang menjadi korban scam di dunia trading akibat tidak memiliki wawasan di dunia trading dan tidak mencari informasi terlebih dahulu.

C. Jual di Region pada Jam Prime Time

    Karena Warframe lebih banyak memiliki sistem matchmaking peer to peer, maka disarankan untuk memperhatikan jam prime time setiap region. Setiap region yang tersedia pada pilihan matchmaking di option bukan sekedar pajangan. Kamu bisa melogika jam prime time menggunakan sistem Greenwich Mean Time (GMT) pada setiap region. Simplenya begini jika kamu tinggal di Indonesia;

- Asia ramai dari sore sampai malam
- NA ramai dari pagi sampai siang
- EU ramai dari malam sampai pagi

*saya hanya menyebut region-region yang lebih ramai pemain

D. Disarankan Melakukan Screenshoot terhadap Transaksi di atas 1000 platinum

    Khusus untuk transaksi di atas 1000 platinum, disarankan untuk melakukan screenshoot. Hal ini untuk menghindari kasus salah minus plat atau ban pada kamu. Karena bisa jadi pembeli kamu menggunakan platinum haram yang didapat dari RMT atau mencuri kartu kredit seseorang.

5. Tools atau Tempat menjual Item-item

A. Trade Chat in Game
B. Warframe Market
C. Riven Market
D. Server Discord yang Berhubungan dengan Warframe

    Segitu aja dulu tips-tips dari saya, apabila ada kurangnya mohon dikoreksi. Semoga kalian bisa mendapatkan platinum sebanyak mungkin semau kalian. Tapi ingat, jangan lupa dikasih ke saya untuk mempergunakannya dengan hemat dan bijak.

Terakhir diperbarui: 21 Juli 2021

Silahkan berkomentar sesuai peraturan

- Hak cipta © 2022 sepenuhnya milik Digital Extremes - Desain dasar blog oleh Johanes Djogan -