02 Januari 2021

Chroma dengan kuva ogris. Sumber: Penulis

    Sebelumnya saya ucapkan selamat tahun baru 2021 untuk para tenno. Semoga tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, amin. Oke kembali ke topik tulisan. Pernah merasa bahwa senjata kamu tidak terlalu menghasilkan damage yang signifikan terhadap musuh? Oke, kamu sedang berada di tulisan yang benar kali ini. Semua hanya masalah informasi dan sinergi. Saya akan menyebutkan dan menjelaskan mengapa senjata kamu tidak bisa menghasilkan damage yang besar sesuai harapan kamu.


1. Tipe Senjata Tidak Sesuai dengan (Jumlah) Musuh

Sniper, tapi beberapa bukan single target. Sumber: Penulis

    Selalu gunakan kombinasi setiap tipe-tipe senjata untuk menghadapi musuh dalam suatu misi. Beberapa kesalahan yang biasa saya lihat adalah menggunakan senjata bertipe single target terhadap mob. Contohnya adalah menggunakan sniper atau bow (non AoE/tanpa mod split flights) untuk melawan kerumunan musuh. Selain lama, kamu juga bisa membuang-buang waktu. Tapi jika fun yang kamu cari it's okay kok.

2. Rank Mod Belum atau Tidak Maksimal

Beberapa mod yang belum max rank. Sumber: Penulis

    Potensi terbaik dari sebuah mod terletak pada ranknya. Semakin besar rank mod, maka semakin besar pula efek yang akan diberikan. Jika rank mod kamu masih belum maksimal, maka damage yang dihasilkan juga tidak maksimal. Hal ini juga berlaku terhadap mod warframe. Maka sebaiknya naikkan rank mod keseluruhan secara perlahan sampai rank 8 (untuk mod max rank 10). Setelah itu naikkan pelan-pelain sampai rank 9 dan 10 satu per satu. Jika kamu ingin lebih cepat menaikkan rank mod kamu bisa farm credit dan farm endo untuk menaikannya.

3. Salah Kombinasi dan Pasangan Antar Mod

Kombinasi apa ini??? Sumber: Penulis

    Beberapa mod yang dipasang akan memberikan efek yang lebih baik jika dipasangkan dengan mod yang sesuai. Selain itu, pasangan mod ini juga harus sejalan dengan tipe trigger senjatanya (khususnya untuk primary dan secondary). Ada mod yang hanya cocok untuk tipe trigger semi saja, ataupun ada mod yang hanya cocok untuk tipe trigger burst. Untuk itu kamu perlu mempelajari dasar-dasar modding dan build di dalam Warframe, sehingga kamu bisa menentukan mod mana yang akan memberikan potensi terbaik di dalam sebuah equipment, khususnya senjata.

4. Elemen yang Digunakan Tidak Sesuai dengan Kelemahan Musuh

Salah satu contoh musuh di Cambion Drift, Deimos. Sumber: Penulis

    Setiap musuh dalam universe Warframe memiliki kelemahannya masing-masing. Apabila kamu berniat untuk melakukan sebuah misi dengan efektif dan efisien, maka kamu wajib mengecek kelemahan elemen mereka. Kamu bisa mengeceknya via codex dengan syarat kamu sudah scan musuh tersebut, baik secara manual atau menggunakan companion helios. Jika masih ada beberapa yang tidak full scan, kamu bisa menggunakan warframe wiki untuk mengetahuinya lebih lanjut.

    Kombinasi viral+heat untuk melee menurut saya sangat meta untuk sekarang. Namun, banyak musuh di Cambion Drift kebal terhadap viral. Sehingga, kamu bisa berpikir ulang untuk tidak membawa kombinasi elemen viral di Cambion Drift. Maka dari itu perhatikan baik-baik equipment dan kombinasi elemen yang sesuai untuk setiap kelemahan musuh, dan misi yang kamu masuki. Sehingga kamu bisa lebih efektif menghadapi musuh dalam pertempuran.

5. Kurang Disinergikan dengan Equipment Lain

Salah satu contoh sinergi dalam loadout Eidolon hunt. Sumber: Penulis

    Setiap kombinasi yang kamu gunakan di loadout akan memberikan sinergi tertentu. Apabila kombinasi tersebut saling mendukung maka akan menghasilkan efek yang sangat maksimal. Contoh dalam hal ini adalah kombinasi Volt DPS eidolon (augment shock trooper) dan rubico prime (heat). Kombinasi Volt dengan str yang tinggi akan memberikan tambahan elemental damage (electric) terhadap senjata rubico prime. Rubico prime dengan elemen heat yang kamu gunakan nantinya bisa berubah menjadi radiation karena disinergikan dengan augment 1 Volt. Poin utama di sini adalah menghemat slot mod electric yang ada di rubico. Karena  rubico tersebut sudah bisa dibuff dengan skill kit Volt. Pada akhirnya kamu pun bisa leluasa memasukkan mod lain yang menunjang damage rubico tersebut.

    Ada banyak equipment, item, atau sistem lain yang bisa memberikan efek tambahan terhadap senjata kamu. Seperti kombinasi mod aura (bermain dalam squad khususnya), skill warframe yang menambah damage, mod augment, focus school, companion, specter, dan infuse skill dari sistem helminth (roar, eclipse, xata's whisper dll).

Terakhir diperbarui: 9 Januari 2021

Silahkan berkomentar sesuai peraturan

- Hak cipta © 2022 sepenuhnya milik Digital Extremes - Desain dasar blog oleh Johanes Djogan -