09 November 2020


Excalibur Prime, sumber: Imgur
    Equipment vanilla merupakan varian awal dan menjadi dasar dari varian seluruh equipment lain seperti warframe, senjata, dan companion. Varian equipment khususnya senjata ada banyak jenis yaitu prime, wraith, vandal, mutalist, ceti, mara, prisma, dex, kuva, modular (zaw dan kitgun). Equipment untuk warframe hanya ada versi prime dan umbra saja. Untuk penjelasan lebih lanjut mari kita simak!


1. Varian Prime

Mesa mendapatkan 250 energy dari orokin death orb. Sumber: Penulis

    Prime adalah representasi dari teknologi Orokin. Varian ini merupakan salah satu varian equipment yang ada di dalam warframe. Tercipta sebagai versi upgrade yang lebih baik daripada versi vanilla, part prime tersebar di setiap relic yang ada di star chart. Fungsi varian ini adalah untuk menambah exp MR, dan tentunya varian ini memiliki keunggulan dan kekurangan dibandingkan versi vanilla. Apa saja tuh? yok kita simak!

Syarat untuk mendapatkannya: memiliki relic yang berisi item yang diinginkan, dan void trace yang cukup

Kelebihan:
1. Memiliki stat yang lebih tinggi daripada versi vanilla. Khusus pada warframe, kalian bisa mendapatkan stat yang lebih baik sehingga bisa menghemat slot drain pada sebuah mod.
2. Sering memiliki bonus polarity bawaan yang lebih banyak, sehingga bisa menghemat forma yang akan kalian aplikasikan pada prime tersebut.
3. Memiliki desain fashion yang berbeda daripada varian vanilla, biasanya membawa attachment khusus. Biasanya desain prime disebut sebagai desain yang lebih baik.
4. Memiliki beberapa gimmick atau skill pasif yang menunjang pertempuran. Contohnya kogake prime yang bisa memberikan bonus 5% movement speed saat kamu pakai, dan kronen prime yang bisa memberikan 10% boost ke bullet jump.
5. Bisa mengaktifkan dan mendapatkan energy pulse (250 energy) untuk satu kali sentuh pada orokin death orb. Varian vanilla tidak bisa mengaktifkan pulse tersebut namun bisa menerima pulse apabila ada warframe prime yang mengaktifkan sebelumnya. So, sangat cocok apabila kalian mau spam skill khususnya di tileset Void.
6. Bisa dijual antar player untuk ditukarkan sebagai platinum, maupun ditukarkan sebagai ducat untuk digunakan sebagai alat transaksi dalam membeli item-item milik Baro Ki'Teer.

Kekurangan:
1. Susah didapatkan untuk para pemula. Pertama, kalian membutuhkan relicnya. Kedua, void trace untuk menaikkan chance hadiah dari relicnya. Ketiga, chance reward yang sudah dinaikkan belum tentu memberikan hadiah yang kalian inginkan, walaupun dibuka dengan metode full squad. Keempat, rotasi vault dan unvault tiap 4-6 bulan membuat kalian harus menunggu rotasi tersebut. Pilihan lain adalah membeli relic/set/part dari player lain untuk mendapatkannya.
2. Varian prime (khusus untuk senjata) memiliki disposition riven yang rendah daripada versi vanilla. Namun, hal ini tidak terlalu menjadi masalah, sebagai alasan balancing. Sebab varian prime lebih baik daripada varian vanilla.

Catatan:
- Lebih baik build varian prime daripada versi vanillanya (apabila versi tersebut telah tersedia)
- Jangan menjual varian prime sebelum kamu memilikinya, dengan alasan apapun terutama tidak memiliki slot. Karena bisa jadi varian prime tersebut dibuff suatu saat nanti.

2. Varian Kuva dan Tenet

Rhino dan Kuva Ogris (skin Unreal Tournament). Sumber: Discord INAWF (oleh HexArkZero)

    Varian senjata kuva merupakan varian yang berhubungan dengan lore kuva yaitu Kuva Queen. Sedangkan varian senjata tenet merupakan varian yang berhubungan dengan lore Parvos.

Syarat untuk mendapatkannya: menyelesaikan quest The War Within, The Deadlock Protocol, The Rising Tide, Call of The Tempestarii

Kelebihan:
1. Stat yang lebih tinggi.
2. Memiliki bawaan elemen yang sesuai dengan progenitor warframe yang melahirkan lichnya). Sehingga bisa menghemat slot elemen.
3. Elemen bisa ditumpuk sampai batas 60%, dan elemen bebas digonta-ganti (namun kalian harus mengalahkan lich atau sister lagi).
3. Bonus berupa ephemera pada lich atau sisters (apabila beruntung).
4. Item berupa senjata dan ephemera (apabila ada) tradeable. Artinya kalian bisa farm platinum dengan varian ini. Terlebih apabila persentase elemen bonus kalian sesuai dan tinggi (55% ke atas), harganya bisa lebih mahal.

Kekurangan:
1. Sulit didapatkan karena totalnya ada banyak, kalian harus berkali-kali menghadapi kuva larvling atau candidate untuk memilih senjata yang kalian inginkan, belum lagi mencari petunjuk requiem mod (beserta farming requiem modnya) untuk mengalahkan lich. Terlebih jika kalian ingin mendapatkan ephemeranya.
2. Transaksi lich mengharuskan pembeli untuk mengosongkan aktivitas lich.
3. Disposition rendah.

Catatan:
Walaupun pusing bin ribet farmingnya, tapi percayalah varian kuva dan tenet ini adalah varian yang sangat jos!

Tulisan lebih lanjut mengenai senjata seri ini bisa kamu cek di sini.

3. Varian Wraith dan Vandal

Varian senjata wraith dan vandal merupakan varian gabungan. Wraith adalah gabungan teknologi tenno dan grineer, sedangkan vandal adalah gabungan teknologi tenno dan corpus.

Syarat untuk mendapatkannya: Operation (event), Invasion, dan Baro Ki'Teer

Kelebihan:
1. Stat terkadang lebih tinggi ataupun rendah daripada varian vanilla. Sehingga pemain bisa membandingkan dengan versi vanilla terhadap bagian stat mana yang dicari dan yang akan digunakan.
2. Sangat mudah didapat, cukup dengan 3x menyelesaikan misi invasion per part, sampai konflik kedua faksi ini berakhir.

Kekurangan:
1. Disposition rendah.

4. Varian Modular (Zaw)

Varian senjata zaw merupakan senjata melee yang bisa dikustom sesuka hati kalian. Kalian bisa menampilkan model dan melihat stat sebelum membuat senjata tersebut.

Syarat untuk mendapatkannya: menyerahkan standing Cetus, dan event (Plague Star dan Night of Naberus)

Kelebihan:
1. Custom bebas sesuka hati.
2. Memiliki slot arcane yang memberikan berbagai macam fungsi seperti melemparkan zaw sebagai ledakan, regenerasi energi, regenerasi hp, menambahkan combo, menambahkan damage.
3. Salah satu arcane zaw (exodia contagion) memiliki bawaan elemen blast, sehingga sangat sering dipakai untuk PT.

Kekurangan:
1. Harus dileveling 2x (gild), untuk mendapatkan exp MR.
2. Beberapa part hanya tersedia saat event tertentu saja

5. Varian Modular (Kitgun)

Varian senjata kitgun merupakan senjata secondary yang bisa dikustom sesuka hati kalian. Kalian bisa menampilkan model dan melihat stat sebelum membuat senjata tersebut.

Syarat untuk mendapatkannya: menyerahkan standing Fortuna

Kelebihan:
1. Custom bebas sesuka hati.
2. Memiliki slot arcane yang memberikan berbagai macam fungsi seperti: auto headshot, unlimited ammo, memberikan str dan effi tambahan terhadap warframe.

Kekurangan:
1. Harus dileveling 2x (gild), untuk mendapatkan exp MR.
2. Disposition riven kitgun banyak yang rendah.

6. Varian Prisma

Varian senjata prisma hanya ekslusif didapatkan dari Baro Ki'Teer.

Syarat untuk mendapatkannya: menunggu kejutan Baro Ki'Teer dan membelinya menggunakan ducats, atau membeli langsung dari player lain dengan syarat item tersebut masih lv 0.

Kelebihan:
1. Ekslusif.
2. Stat lebih tinggi dari varian vanilla.
Kekurangan:
1. Menunggu kejutan rotasi dari Baro Ki'Teer yang sangat jarang mengeluarkan varian ini.

Terakhir diperbarui: 21 Juli 2021

Silahkan berkomentar sesuai peraturan

- Hak cipta © 2022 sepenuhnya milik Digital Extremes - Desain dasar blog oleh Johanes Djogan -