15 Mei 2021

Excalibur dengan Stahlta. Sumber: The Gamer

    Tulisan kali ini akan membahas bagaimana cara Modding senjata khususnya Primary. Primary merupakan senjata pertama yang akan kalian gunakan di awal bermain. Ada banyak sekali jenis senjata Primary mulai dari Rifle, Sniper, Shotgun, sampai Bow. Sebelum melakukan tutorial Modding, saya akan menjelaskan atribut-atribut yang tertulis di senjata Primary.


A. Mengenal Atribut pada Sebuah Senjata Primary

Stahlta 1. Sumber: Penulis

Stahlta 2. Sumber: Penulis

Stahlta 3. Sumber: Penulis

    Saya akan mengambil contoh Stahlta yang memiliki 2 tipe trigger tembakan yaitu auto dan charge. Stahlta memiliki innate Radiation damage. Berikut penjabaran dan penjelasan singkat tiap atributnya:

Tipe trigger: Auto

- Accuracy: Bagaimana peluru tepat sasaran sesuai dengan arah tembakan, semakin besar angkanya maka semakin akurat.
- Fire rate: Kecepatan peluru keluar dari senjata, angka yang ditunjukkan ada per detik. Misal 20, jadi bisa menembak 20 peluru dalam 1 detik.
- Magazine: Jumlah peluru yang bisa dipakai.
- Multishot: Tembakan tambahan, semakin besar angkanya maka sekali menembak memiliki kesempatan untuk mengeluarkan lebih dari satu peluru. Setiap tembakan membawa critical chance dan status chance masing-masing.
- Noise: Suara (berisik/hening).
- Punch Through: Kemampuan peluru untuk menembus objek seperti musuh ataupun tembok, semakin tinggi angkanya maka peluru bisa menembus objek tanpa mengurangi total damagenya.
- Reload: Kecepatan senjata untuk membuang magazine dan menggantinya dengan magazine yang baru.
- Riven Disposition: Dispo Riven untuk senjata tersebut.
- Trigger: Auto (otomatis, bisa ditekan terus sampai peluru habis).

Tipe trigger: Charge

Semuanya hampir mirip kecuali:

- Charge rate: Kecepatan senjata menembak
- Fire Rate: Jeda setelah menembak

Damage (Auto)

Critical chance: Kesempatan senjata mengaktifkan critical
Critical multiplier: Kemampuan senjata memperkuat critical tersebut
Status: Setiap tembakan memiliki kemampuan untuk memberikan status berdasarkan bobot statusnya

*di bawah ini merupakan bobot status, persentase bisa dicek di Wiki
Impact
Puncture
Slash
Toxin
Total: Total damage senjata
Jika disimpulkan, maka Modding ini akan lebih sering mengeluarkan Toxin, diikuti dengan Slash. Puncture dan Impact akan jarang keluar, kecuali multishot dan status chancenya tinggi.

Damage (Charge)

*di bawah ini merupakan bobot status, persentase bisa dicek di Wiki
Impact
Puncture
Slash
Toxin
Total: Total damage senjata
Jika disimpulkan, maka Modding ini akan lebih sering mengeluarkan Toxin, diikuti dengan Slash. Puncture dan Impact akan jarang keluar, kecuali multishot dan status chancenya tinggi.

Radial Attack

Embed Delay: Waktu yang dibutuhkan senjata untuk menembak kembali setelah peluru meledak
Falloff: Kemampuan peluru untuk sampai ke target yang lebih jauh. Semakin tinggi maka peluru bisa sampai ke target yang sangat jauh.
Range: Radius ledakan yang diakibatkan oleh ledakan peluru dari trigger Charge
*di bawah ini merupakan bobot status, persentase bisa dicek di Wiki
Toxin
Radiation
Total: Total damage senjata
Jika disimpulkan, maka Modding ini akan lebih sering mengeluarkan Radiation, diikuti dengan Toxin.

B. Logika Memasang Mod secara Umum

    Logika ini hanya bisa diterapkan pada senjata critical. Minimal senjata tersebut sebisa mungkin memiliki base critical chance sebesar 20%. Berikut urutan logika memasang Mod;

1. Awali dengan Mod Damage

    Awali dengan 1 Mod damage saja. Pilihan terbaik: Serration. Sekedar tips jangan menambahkan Mod damage lagi karena sifat Mod damage ini additive alias hanya menambahkan bukan mengkalikan. Jadi jika kamu terlalu banyak menambah memberikan Mod Damage maka akan mengalami Diminishing Returns. Ringkasnya, justru Mod damage yang kedua efeknya turun dan tidak memberikan damage yang sesuai dengan yang tertera.

Catatan: Jika kamu sudah memiliki akses Steel Path, dan menggunakan senjata tersebut untuk melawan mob maka kamu bisa melepas Mod damage dan menggantinya dengan Arcane.

2. Multishot

    Sesuai dengan penjelasan yang sudah saya jelaskan di atas. Atribut multishot merupakan atribut yang paling penting di hampir semua senjata Primary. Baik dengan tujuan sebagai damage utama atau primer (utility/menyebarkan status).

3. Critical Chance dan Critical Damage

    Dua atribut ini juga harus saling melengkapi untuk memberikan kesempatan critical yang lebih banyak serta memperkuat damage critical dari senjata tersebut.

4. Elemen

Sesuaikan dengan keinginan:
Elemen meta untuk damage: Toxin, Heat, Viral, Corrosive, Gas
Elemen meta untuk primer/utility: Viral, Corrosive, Heat, Cold, Magnetic

5. Mod Quality of Life/Kondisional

    Kurang merasa nyaman dengan senjata? ada yang kurang? maka Mod Quality of Life (QoL)/kondisional ini lah yang bisa memberikan kenyamanan pada senjatamu. Cocokkan Mod dengan senjata atau gaya bermain kamu, jangan lupa juga cocokkan dengan tipe trigger senjata. Hanya kamu sendiri yang bisa menentukan penggunaan Mod QoL ini.

Contoh Mod QoL:
- Blast Radius
- Punch Through
- Magazine Capacity
- Max Ammo
- Fire Rate

C. Tips dan Logika Memasang Mod secara Spesifik

1. AoE (Rifle/Shotgun/Bow):
+: Perluas radius ledakan dengan Mod yang menambah Blast Radius.
+: Hunter Munitions cocok untuk memberikan proc Damage over Time Slash
-: Hindari memasang Mod Punch Through agar ledakan peluru tidak masuk ke tembok.

2. Single Target (Rifle/Shotgun/Bow):
+: Mod Galvanized bisa memperkuat tembakan, asalkan kamu mampu memberikan banyak status ke musuh, baik dari senjata itu sendiri ataupun senjata primer.
+: Memasang Mod Punch Through bisa menembus beberapa musuh sekaligus, sehingga ini bisa menghemat magazine.
+: Hunter Munitions atau Internal Bleeding cocok untuk memberikan proc Damage over Time Slash. Cek fire rate senjata sehingga kamu bisa menentukan senjata tersebut cocok dipasang Hunter Munitions atau Internal Bleeding.

3. Shotgun
+: Hampir semua Shotgun memiliki base multishot lebih dari 1. Sehingga meskipun base critical chance dan status chance mereka terlihat kecil, hal ini bisa didukung oleh base multishot yang tinggi. Maka tidak perlu ragu untuk memasang Mod critical chance ataupun beberapa Mod status chance.

4. Bow
+: Hampir semua Bow memiliki jeda saat anak panahnya ditembakkan. Kamu bisa mengakali hal ini dengan menambahkan Mod QoL yang menambah projectile flight speed. Sehingga anak panah bisa lebih cepat sampai ke target. Ini sangat berguna jika kamu menghadapi musuh yang sering bergerak.

5. Sniper
+: Sniper memiliki mekanisme combo sama seperti Melee. Maka kamu bisa mempertimbangkan untuk memasukkan Mod fire rate untuk mempercepat build up combo. Sehingga tembakan demi tembakan berikutnya akan semakin kuat. Hal ini sangat berguna dalam kondisi seperti perburuan Eidolon.

*Logika di atas hampir sering berlaku kecuali di beberapa kasus tertentu.

D. Contoh Modding Primary

Terakhir diperbarui: 29 Januari 2022

Silahkan berkomentar sesuai peraturan

- Hak cipta © 2022 sepenuhnya milik Digital Extremes - Desain dasar blog oleh Johanes Djogan -